Sukses

Sakit Stroke, Kepulangan 2 Jemaah Haji Asal Bogor Tertunda

Muhtar dan Tukimin terserang penyakit setelah melaksanakan rukun haji.

Liputan6.com, Bogor - Dua jemaah haji asal Kota Bogor, Jawa Barat dirawat di rumah sakit Arab Saudi lantaran penyakit yang dideritanya. Kondisi ini menyebabkan kepulangan mereka ke Tanah Air ditunda.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Bogor Ade Sarmili mengatakan, dua jemaah yang dirawat yaitu Muhtar dan Tukimin.

Ia menjelaskan, keduanya tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 23 dan masih menjalani perawatan di RS King Fahad Mad, Madinah usai menyelesaikan rukun Islam yang kelima.

"Untuk pemulangannya, akan disesuaikan dengan kondisi mereka dan seat penerbangan. Intinya, setelah sehat mereka akan segera dipulangkan," kata Ade, Selasa (27/9/2016).

Menurut Ade, Muhtar dan Tukimin terserang penyakit stroke setelah melaksanakan rukun haji. "Sesuai SOP di sana, mereka harus sembuh dulu baru diizinkan pulang," kata Ade.

Ia memastikan, selama menjalani perawatan, keduanya tetap mendapat pendampingan dari petugas haji. "Kami tetap lakukan komunikasi dengan petugas jaga di sana," ujar dia.

Ade menambahkan, kedua jemaah tersebut sudah menyelesaikan rukun Islam yang kelima. "Saat mereka sakit semua rukun haji sudah dijalani," ujar Ade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.