Sukses

Ahok Ancam Hapus Pemkab Kepulauan Seribu

Ahok mengancam akan membagikan anggaran Rp 400 miliar langsung kepada warga Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengancam akan menghapus Kabupaten Kepulauan Seribu dari tatanan pemerintahan DKI Jakarta.

Ahok mengeluarkan ancaman itu dengan tujuan agar Bupati Kepulauan Seribu beserta jajarannya, tidak asal dalam melayani warga.

"Bapak jangan macam-macam, kalau mau nanti kita bubarin saja kabupaten. Kita bikin ini jadi kecamatan saja," kata Ahok di Pulau Pramuka, Selasa (27/8/2016).

Dengan anggaran Rp 400 miliar per tahun, Ahok menyebut jumlah itu cukup banyak untuk digunakan bagi 24 ribu penduduk di Kepulauan Seribu. Jika Pemerintah Kabupaten dibubarkan, Ahok akan membagikan dana tersebut langsung kepada warga.

"Mending kukasih Rp 20 juta per tahun buat satu warga. Kepulauan Seribu jadi kecamatan sajalah," ujar Ahok.

Namun Ahok menegaskan ancamannya itu hanya sekadar wacana. Ancaman itu berlaku jika benar ada PNS yang berani main anggaran. Terlebih, Ahok ditemani oleh anggota DPR RI Fayakhun saat mengunjungi Pulau Seribu.

"Nanti saya usul ke DPR kalau berani macam-macam," kata Ahok.

Ahok pun mengingatkan warga untuk berani melapor jika ada PNS yang berani macam-macam. "Kalau ada PNS yang enggak menindaklanjuti aduan bapak ibu, adukan ke kami supaya bisa kami pecat," ujar Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini