Sukses

Rawan Bencana di Pulau Jawa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Agustus 2016, lebih dari 60 persen bencana alam terjadi di Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2016 belum berakhir, namun lebih dari seribu bencana alam telah terjadi sepanjang tahun ini. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Agustus 2016, lebih dari 60 persen bencana alam terjadi di Pulau Jawa. Hal tersebut memperlihatkan bahwa bencana alam sangat rentan muncul di Pulau Jawa.

BNPB mencatat, kejadian bencana alam terbanyak adalah di Jawa Tengah (334 kejadian). Lebih dari setengah kejadian bencana alam di daerah tersebut adalah banjir dan tanah longsor. Ibukota Jakarta juga termasuk dalam kategori rentan bencana alam. Dari 100 kejadian bencana alam, lebih dari 90 persen adalah banjir.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik. Keadaan tersebut berpotensi menyebabkan bencana alam di Indonesia. Informasi selengkapnya tentang potensi bencana alam di Pulau Jawa dapat dilihat pada infografis berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini