Sukses

Kapolda Metro Akan Terbitkan Edaran Khusus Hidup Sederhana

Dia akan melanjutkan program Tito saat masih menjabat sebagai Kapolda Metro.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberi arahan ke jajaran Polda Metro Jaya. Orang nomor satu di Polri itu mengimbau anggotanya agar mampu meningkatkan kinerja, bersikap sederhana, dan mencintai rakyatnya. Karena dengan begitu, maka rakyat akan mencintai Polri.

Untuk mewujudkan program Kapolri itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan berencana menerbitkan surat edaran khusus di lingkungannya. Edaran tersebut dimaksudkan agar anggota Polda Metro Jaya mampu meningkatkan citra kepolisian.

"Iya, akan ada membuat edaran khusus ke Polda Metro Jaya. Nanti kita akan lakukan itu," ujar Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/9/2016).

Pria yang akrab disapa Iwan itu menuturkan, dirinya akan melanjutkan program Tito saat masih menjabat sebagai Kapolda Metro. Program tersebut menginginkan agar jajaran di Polda Metro bersikap sederhana dan bersahaja.

"Tentu akan kami teruskan. Ini salah satu commander wish, salah satunya itu. Kemudian berkesahajaan, sederhana. Beliau (Kapolri Tito) pun kan demikian," tutur dia.

Sikap tersebut diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik saat berdinas atau libur. "(Kesederhanaan) meliputi penampilan berpakaian, kemudian kendaraan yang dipakai, dan lainnya, termasuk untuk para istri polisi," ucap Iwan.

Iwan juga menuturkan bahwa anggota kepolisian harus peka terhadap situasi di sekitarnya. Mereka juga harus memiliki inisiatif serta proaktif terhadap apapun yang terjadi.

"Kemudian harus tegas. Tadi Kapolri bilang kekerasan harus dilawan. Tapi tegas dengan nyata, terang, benar, tidak plin-plan yang menimbulkan masyarakat tidak percaya dengan kita. Kemudian tetap humanis. Karena itu yang dimaui oleh rakyat," kata dia.

"Saya katakan jangan sampai hanya slogan polisi dicintai rakyat, itu kan retorika saja. Kalau kita nggak cinta rakyat, rakyat pun nggak cinta sama kita," imbuh Iwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.