Sukses


Ketua MPR: Pilkada Harus Menghasilkan Kesejahteraan Bagi Rakyat

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zukifli Hasan menghadiri acara peluncuran buku 'Perjalanan Panjang Pilkada Serentak' buah karya Ketua Fraksi Golkar MPR Rambe Kamarul Zaman.

Dalam kesempatan itu, pria yang karib disapa Zulhas ini memberikan ucapan selamat kepada Rambe Kamarul Zaman. Pembahasan di dalam buku Rambe, kata Zulhas, sangat menarik. Sebab, mengupas salah satu momen penting demokrasi rakyat Indonesia yakni pilkada.

"Kita ucapkan selamat kepada Pak Rambe atas peluncuran buku yang sangat penting. Apalagi pilkada bagian penting dari perjalanan bangsa," ungkap Zulhas di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (26/9/2016).

Ia menambahkan, pilkada saat ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, baik tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota. Apalagi, menurut dia, pilkada serentak ini masih baru dalam sistem demokrasi Indonesia.

"Yang paling hangat menjadi perbincangan hampir di seluruh Indonesia adalah Pilkada DKI Jakarta. Pilkada dari pengalaman sebelumnya sangat cepat sekali situasinya dan perubahannya. Yang sebelumnya tidak disangka-sangka malah cepat sekali menyusul. Itulah yang menarik dari Pilkada Indonesia," imbuh dia.

Lebih jauh, Zulhas berharap agar pilkada mampu membawa kesejahteraan dan kebaikan bagi rakyat di daerah tersebut dan juga bagi bangsa.

"Demokrasi pilkada pada ujungnya harus menghasilkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Mudah-mudahan buku Rambe akan menjadi pengetahuan penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia terutama untuk generasi muda,  sehingga perjalanan demokrasi kita akan cepat menuju kepada kesejahteraan untuk semua," ujar dia.

Dalam rangkaian acara launching tersebut juga sekaligus digelar kegiatan sosial, yakni memberikan buku karya Rambe ke Perpustakaan Nasional untuk menambah perbendaharaan buku di Perpustakaan Nasional.

Hal ini bertujuan agar buku seputar pilkada serentak bisa menjadi referensi dan pengetahuan bagi seluruh anak bangsa di seluruh pelosok Indonesia.

Acara yang digelar di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara IV, Kompleks MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta Pusat ini juga dihadiri Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Lembaga Pengkajian MPR RI Rully Chairul Azwar, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, beberapa anggota MPR RI, dan pengamat politik LIPI antara lain Siti Zuhro.