Sukses

Cuaca Ekstrem, Pemprov DKI Diminta Audit Seluruh JPO

Pemprov DKI harus mencari tahu apa yang menyebabkan JPO Pasar Minggu ini runtuh.

Liputan6.com, Jakarta Ambruknya Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengakibatkan tiga nyawa melayang. Salah satunya, anak-anak.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta mengevaluasi dan mengaudit seluruh JPO di Jakarta. Apalagi, saat ini cuaca cukup ekstrem.

"Ini harus betul-betul dievaluasi dan diaudit seluruh JPO yang ada di DKI Jakarta, jika tidak, bukan tidak mungkin kejadian serupa akan terjadi, terlebih dengan cuaca ekstrem saat-saat sekarang ini," ujar Anggota DPRD DKI Jakarta Abdurahman Suhaimi dalam siaran persnya, Jakarta, Senin (26/9/2016).

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta ini mengatakan Pemprov DKI harus mencari tahu apa yang menyebabkan JPO Pasar Minggu ini runtuh. Apakah akibat kualitas dan kesalahan konstruksi, kelalaian warga atau murni bencana alam.

Selain itu, Suhaimi meminta pemprov memberikan santunan kepada korban.

"Sebagai bentuk rasa tanggung jawab pemerintah kepada warganya, agar meringankan beban mereka, akibat dari musibah yang telah dialami," pungkas Suhaimi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebut angin kencang dan berat billboard menjadi sebab utama JPO ambruk. Namun, Puslabfor Polri belum bisa mengonfirmasi hal tersebut karena masih memeriksanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.