Sukses

VIDEO: Peta Politik Pilkada DKI Jakarta 2017

Peta politik Pilkada DKI Jakarta 2017 makin jelas. Para calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) siap bertarung.

Liputan6.com, Jakarta - Peta politik Pilkada DKI Jakarta 2017 makin jelas. Para calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) siap bertarung.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (23/9/2016), pasangan pertama cagub dan cawagub petahana, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat. Keduanya baru dua tahun dipasangkan memimpin DKI Jakarta.

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Belitung Timur tahun 2005. Sementara Djarot pernah menjabat Wali Kota Kediri selama dua periode berturut-turut.

Pasangan Ahok dan Djarot diusung oleh PDIP, Hanura, Golkar dan Nasdem. Keempat partai politik ini memiliki total 52 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Sementara pasangan selanjutnya cukup mengejutkan dan baru diumumkan Jumat dini hari tadi. Yakni, pasangan Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Agus Yudhoyono perwira TNI Angkatan Darat aktif peraih medali Adhimakayasa atau lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil). Saat ini Agus yudhoyono menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 203 Mekanis.

Sedangkan pasangannya, Sylviana Murni menduduki posisi Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan di Pemprov DKI. Sebelumnya Sylviana Murni juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat.

Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni diusung Partai Demokrat, PKB, PAN dan PPP. Koalisi partai ini memiliki 28 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Sementara itu, pasangan cagub dan cawagub terakhir masih menyisakan tanda tanya. Cagub yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS ini mengantongi 26 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Namun demikian, Sandiaga Uno digadang-gadang sebagai calon kuat gubernur yang diusung Gerindra dan PKS.

Uno pernah menjabat Wakil Ketua Umum Kadin dan tercatat di urutan ke-37 sebagai orang terkaya di Indonesia. Total harta  Uno sebesar 660 juta dolar Amerika.

Meski demikian belum diketahui pasti siapa pendamping Sandiaga Uno. Apakah benar Anies Baswedan? Rencananya Gerindra dan PKS akan mengumumkannya di kediaman Prabowo Subianto siang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.