Sukses

Penggundulan Hutan Marak di Maluku

Penggundulan hutan kembali marak di Maluku. Akibat pembalakan liar ini kini hutan di Maluku yang berjumlah 750 ribu hektare separuhnya rusak parah.

Liputan6.com, Ambon: Penggundulan hutan kembali marak di Maluku. Puluhan hektare hutan di Maluku Tengah ditemukan rusak dan gundul akibat pembalakan liar, Senin (25/1). Selain pembalakan secara liar, warga merusak hutan dengan cara membakar dengan sistem berpindah untuk lahan kebun.

Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Maluku Berty Papilaya mengatakan ulah yang dilakukan warga berakibat langsung terhadap terjadinya kekeringan. Ancaman banjir pun menghadang jika datangnya hujan deras. Ironisnya, habitat burung kaka tua merah kebanggaan Pulau Seram terancam punah.

Berty menyesalkan maraknya pembalakan liar di Pulau Seram. Berty menghimbau agar dinas kabupaten dan kota proaktif menindak para pelaku yang melakukan pengrusakan terhadap hutan. Akibat pembalakan liar ini kini hutan di Maluku yang berjumlah 750 ribu hektare separuhnya rusak parah.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.