Sukses


Zulkifli Hasan Tertarik dengan Peternakan Kambing Boncah Raya

Liputan6.com, Jakarta Nagari Barulak terletak di kaki Bukit Batu, di wilayah kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Di kawasan yang berbukit dan lembah itu terdapat Pusat Pelatihan Peternakan Swadaya Boncah Raya.

Didukung oleh alam yang indah, peternakan kambing milik H.Djamil Barijambek, seorang pengusaha asal Tanah Datar di Jakarta ini, juga dikembangkan menjadi pusat pelatihan ternak kambin dan punya prospek menjadi obyek wisata yang menarik di Sumatera Barat.

Pusat pelatihan ternak kambing ini, Sabtu sore (17/9), dikunjungi oleh Ketua MPR DR (HC) Zulkifli Hasan. Ini termasuk salah satu agenda kunjungan kerjanya selama tiga hari Ketua MPR di Sumatera Barat (15-18 Sembember).

H. Djamil Barijambek dalam ucapan selamat datangnya menyatakan, selain menyampaikan apresiasi atas kunjungan Ketua MPR Zulkifli Hasan, juga menjelaskan bahwa kawasan Boncah Raya ini mendapat pembinaan langsung dari Kepala Dinas Peternakan, Pertanian dan Perikan Sumatera Barat, dan juga dari Bupati Tanah Datar Drs Irdinansyah Tarmizi.

Selain peternakan, kawasan Boncah Raya ini juga mengembangkan perikanan dan pertanian, terutama tanaman organik. Sebagai pusat pelatihan peternakan, menurut Djamil Barijambek, disediakan asrama untuk peserta pelatihan.

Sedangkan Bupati Tanan Datar, Drs. Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyatakan, akan berusaha untuk mengembangkan Tanah Datar menjadi Centra Peternakan Kambing di Sumatera Barat. Seperti hal Kaligesing, centra peternakan kambing Etawa di Purworejo, Jawa Tengah.

Ketua MPR Zulkifli Hasan tampak ceria menyaksikan peternakan yang dikembangkan oleh Djamil Barijambek ini. "Alam di sini adalah paling indah dari yang pernah saya saksikan di Sumatera Barat," ujar Zulkifli Hasan disambut tangan oleh tamu undangan yang hadir.

Zulkifli berharap, adanya pusat peternakan ini bisa memberikan inspirasi dari kaum ibu, yang selama ini sebagai ibu rumah tapi masih produktif. Zulkifli mendorong kaum ibu untuk mencari tambahan penghasilan dari usaha ternak dan pertanian ini. "Dengan demikian akan memberikan nilai tambah," ujar Zulkifli.

Perlu diketahui bahwa peternakan Boncah Raya ini, selain sebagai pusat pelatihan ternak, juga memproduksi susu kambing.