Sukses

Dikepung Massa, Penjambret di Tambora Ceburkan Diri ke Sungai

Polisi yang tengah patroli mencoba menenangkan warga dan menyelamatkan penjambret itu.

Liputan6.com, Jakarta - Dua penjambret lari pontang-panting. Seorang di antaranya menceburkan diri ke sungai.

Mereka kabur menyelamatkan diri karena banyak warga yang mengejar setelah menjambret seorang warga negara Tiongkok.

Kejadian berawal saat Zhang Wenfeng (28) WN Tiongkok yang sedang berjalan di Jalan Patike, RT 011 RW 01, Tambora, Jakarta Barat. Ia yang tengah asyik memainkan gawainya, tiba-tiba dihampiri dua pemuda.

"Dari arah kanan ada dua orang yang  pada saat itu sedang berboncengan sepeda motor menghampiri korban," ujar Kanit Reskrim Polsek Tambora AKP Muhammad Taufik di Jakarta Barat, Selasa (20/9/2016).

Taufik mengatakan, dua pelaku itu berinisial HO (23) dan SS (23). Satu pelaku yang dibonceng langsung menarik paksa gawai yang tengah dimainkan korban. Korban, langsung menjerit dan berteriak saat gawainya diambil.

"Para warga yang mendengar teriakan itu heran, namun salah satu warga yang melihat kejadian tersebut langsung memberitahukan warga lainnya bahwa ada jambret, warga langsung mengepung para pelaku," jelas Taufik.

Salah satu pelaku yang terkepung, gelagapan. HO lalu nekat menceburkan diri ke sungai. Namun, karena sungai dangkal, HO gagal melarikan diri. Massa lalu memukulinya hingga babak belur.

"Selain HO, SS sudah lebih dulu dihakimi massa," terang Taufik.

Polisi yang tengah patroli mencoba menenangkan warga dan menyelamatkan penjambret itu. Keduanya dilarikan ke puskesmas terdekat karena luka serius di kepala dan wajah.

Dua penjambret ini terancam 7 tahun penjara. Mereka dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.