Sukses

KPK: Jaksa yang Terima Uang Penyuap Irman Gusman Diperiksa Lusa

KPK sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung terkait pemeriksaan jaksa Farizal terkait penyuap kasus suap Irman Gusman.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga saat ini belum menahan jaksa Farizal yang sudah berstatus tersangka. Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan, KPK sudah mengetahui keberadaan jaksa Farizal.

"Sudah. Sudah ada koordinasi dengan pihak Kejaksaan (Agung) juga," kata Priharsa kepada Liputan6.com, Senin (19/9/2016).

Farizal diduga menerima suap sebesar Rp 365 juta dari terdakwa Xaveriandy Sutanto. KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Farizal pada Rabu 21 September 2016 besok. "Belum diperiksa. (Rencananya) Rabu ini," tegas Priharsa.

Sementara, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Asintel Kejati Sumbar) Yuswandu mengaku tidak mengetahui keberadaan Jaksa Farizal yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dugaan suap perkara gula non-SNI dengan terdakwa Xaveriandy Sutanto.

"Sampai hari ini kami juga belum ketemu sama yang bersangkutan," kata Asintel Kejati Sumbar Yuswandi, Senin (19/09/2016).

KPK menetapkan jaksa Farizal sebagai tersangka dugaan suap dari Xaveriandy Sutanto, tersangka OTT KPK bersama Ketua DPD Irman Gusman.

Xaveriandy Sutanto merupakan terdakwa dalam kasus gula non-SNI yang disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Padang. Sementara Farizal merupakan salah seorang tim JPU yang menyidangkan perkara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.