Sukses

Journal: Para Sesepuh Berusia Panjang seperti Mbah Gotho

Liputan6.com, Jakarta - Mbah Gotho kini menjadi lansia yang terkenal. Lelaki bernama lengkap Sodimejo ini menjadi pusat pemberitaan lantaran diduga punya usia paling tua di Indonesia. Lembar kartu tanda penduduk yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen mencatat Sodimejo lahir pada 31 Desember 1870. Artinya, Sodimejo kini berusia 145 tahun.

Dengan usia tersebut, Mbah Gotho menjadi segelintir manusia yang menembus usia 100 tahun. Namun sayangnya, usia fenomenal Mbah Gotho belum diakui Guiness World Record lantaran tidak ada dokumen catatan kelahiran absah yang membuktikan waktu kelahirannya.

Di belahan dunia lain, sejumlah nama tercatat masuk kategori orang-orang yang menembus usai lebih dari 110 tahun atau biasa disebut supercentenarian. Rekor dunia untuk orang paling lama hidup di dunia dipegang Jeanne Louis Calment, warga negara Prancis, yang hidup hingga usia 122 tahun. Kelahiran Jeanne dibuktikan melalui akta kelahiran resmi.

Calment meninggal pada 1997, tapi hingga kini belum ada yang mematahkan rekornya. Saat ini terdapat sejumlah supercentenarian yang masih hidup. Seperti Emma Morano asal Italia yang berusia 116 tahun dan Yisrael Kristal asal Israel yang berusia 113 tahun.

Berikut ini daftar orang-orang yang menembus usai di atas 110 tahun dan tercatat di Guiness World Records.

1. Jeanne Calment

Jeanne Louis Calment merupakan manusia tertua di dunia yang tercatat di laman Guiness World Records. Dia lahir pada 1875, dan meninggal di usia 122 tahun pada 1997. Perempuan Prancis ini hidup tiga abad dan menjadi saksi Menara Eiffel diresmikan. Ia juga menjadi saksi pagelaran Tour de France pertama digelar pada Juli 1903. Sepanjang hidupnya, Calment menetap di Arles, Prancis.

Calment mewarisi gen panjang umur dari ayahnya, Nicolas Calment. Nicolas meninggal di usia 93 tahun. Tak hanya itu, ibunya yang bernama Margueriete Gilles juga berusia cukup panjang. Gilles meninggal pada usia 83 tahun. Sementara kakanya yang lebih tua, Francois Calment meninggal di usia 97 tahun.

2. Sarah Knauss

Sarah DeRemmer Knauss merupakan orang tertua dalam sejarah Amerika Serikat. Knauss dilahirkan pada 24 September 1880. Dia wafat di usia 119 tahun, pada 30 Desember 1999. Perempuan asal Pennsylvania ini menjadi saksi 23 kali pergantian Presiden Amerika Serikat dan sejumlah kejadian besar di negeri Paman Sam.

Sama dengan Calment, Knauss hidup di tiga abad. Saat masih hidup, usia Knauss bahkan lebih tua dari Jembatan Brooklyn dan Patung Liberty. Knauss pun mewariksan usia panjang kepada anak perempuannya, Kathryn Knauss Sullivan, yang meninggal di usia 101 tahun pada 2005.

3. Misao Okawa

Misao Okawa merupakan orang tertua di Jepang. Ia mengalahkan rekor Jiroemon Kimura. Okawa lahir di Osaka, pada 5 Maret 1898. Dia meninggal di usia 117 tahun pada 1 April 2015. Okawa merupakan peringkat pertama dari 100 warga Jepang yang menembus lebih dari usia 110 tahun.

Perempuan tua ini dikenal dunia lantaran masih sanggup berjalan tanpa tongkat di usia 110 tahun. Dia juga hidup tiga abad. Misao memiliki tiga anak. Hiroshi Okawa, anak pertama Misao, kini sudah berusia 93 tahun. Sepanjang hidupnya, Misao menikah dengan Yukio Okawa yang meninggal pada 1931.

4. Emma Morano

Perempuan bernama lengkap Emma Martina Luigiana Morano ini lahir pada 29 November 1899. Emma kini berusia 116 tahun. Dia lahir dari keluarga yang notabene memiliki usia yang panjang. Salah satu adik Emma, Angelina Morano meninggal di usia 102 tahun pada 2011.

Emma juga hidup dalam tiga abad. The Guiness Book of World Records menempatkan Emma sebagai orang tertua di dunia yang masih hidup saat ini. Dengan usia yang melebihi satu abad, Emma masih sehat. Emma sempat menikah dengan Giovanni Martinuzzi pada 1926, dan bercerai pada 1938. Selepas itu, dia tak lagi menikah dan tak memiliki keturunan hingga kini.

5. Yisrael Kristal

Yisrael Kristal merupakan salah satu saksi hidup tragedi Holocaust di Eropa. Ia merupakan penyintas Holocaust yang kini masih hidup. Lelaki berusia 113 tahun itu kini menetap di Haifa, Israel. Kristal lahir 15 September 1903 di Zarnov, Polandia. Berbeda dengan empat pendahulunya, Kristal tak hidup tiga abad.

Saat ini, dia merupakan lelaki tertua di dunia. Sepanjang hidup, Kristal menikah dua kali. Istri pertama dan dua anaknya harus meninggal dalam tragedi Holocaust. Selepas itu, Kristal menikah kembali dan pindah ke Haifa, Israel, pada 1950. Kini, Kristal tak sekadar dikenal sebagai penyintas. Tapi juga bagian manusia tertua di dunia dan lelaki tertua di dunia.

Lantas bagaimana dengan manusia-manusia tertua di Indonesia. Ada dua nama yang pernah disebut-sebut sebagai orang tertua di Indonesia atau dunia. Mereka adalah Anami dari Purwakarta dan Turinah dari Ogan Komering Ulu. Namun, Museum Rekor Indonesia (Muri) belum mencatat mereka sebagai orang tertua.

Yusuf Ngadri, Senior Manajer di Muri, menceritakan kepada Liputan6.com, ikhwal belum diberikannya sertifikat. Menurut Ngadri, belum diberikannya sertifikat lantaran tidak ada dokumen atau legalitas yang valid sebagai sumber yang bisa diverifikasi terkait usia Anami ataupun Turiah. Hal itu juga berlaku untuk Sodimejo alias Mbah Gotho. “Kami butuh verifikasi. Belum ada yang verifikasi yang tepat,” kata Ngadri Kepada Liputan6.com, Kamis (15/9/2016).

Meski begitu, Muri tak mempersoalkan anggapan atau kepercayaan banyak pihak terkait usia Mbah Gotho. Muri, kata Ngadri, bersedia memberikan sertifikat jika sudah ada yang bisa memverifikasi usia lelaki yang sudah berusia senja saat Indonesia baru merdeka itu. “Kami akan datang, sepanjang ada ahli yang bisa memverifikasi.”