Sukses

4 Faktor Penyelenggaraan Haji 2016 Sukses

Lukman berterimakasih terhadap semua pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan haji tahun ini

Liputan6.com, Mekah - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin bersyukur penyelenggaraan ibadah haji 2016 berlangsung tanpa hambatan yang berarti. Lukman menilai suksesnya pelaksanaan haji karena terlaksananya empat faktor.

Pertama, kata Lukman, adanya komitmen tinggi dari tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dalam memberikan pelayanan, perlindungan, dan bimbingan kepada jemaah haji. Bahkan demi tugas, banyak di antara mereka rela tidak turut serta menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

"Selain itu kepatuhan dan ketaatan jemaah haji dalam mengikuti peraturan dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Sehingga ini memperlancar proses ibadah haji," ujar Menteri Lukman saat jumpa pers di Jeddah, Jumat (16/9/2016) waktu Arab Saudi.

Tak hanya itu, kesuksesan penyelenggaraan haji juga tak lepas dari dukungan semua pihak. Selain Kementerian Agama sebagai penanggung jawab pelaksanaan haji, juga ada Kementerian Kesehatan serta lembaga dan instansi dari Tanah Air lainnya yang mendukung.

"Semuanya memiliki cara dan niat yang sama untuk mewujudkan kesuksesan penyelenggaraan haji ini," dia menegaskan.

Namun yang tak kalah penting, lanjut politikus PPP itu ialah dukungan dari pemerintah Arab Saudi. "Dengan begitu, secara keseluruhan penyelenggaraan haji tahun ini berlangsung lancar," ucap Menteri Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini