Sukses

Gempa 5,4 SR Kembali Guncang Bengkulu Sabtu Pagi

Selain Bengkulu Selatan, getaran juga terasa di Kabupaten Kaur, Seluma, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, dan Kepahiang.

Liputan6.com, Jakarta Gempa tektonik berkekuatan 5,4 Skala Richter kembali mengguncang Provinsi Bengkulu, Sabtu pagi pukul 09.30 WIB. Gempa berpusat di posisi -4,79 Lintang Selatan dan 102,49 Bujur Timur, dan di kedalaman 19 kilometer.

Kepala Stasiun Pemantau Gempa Bumi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu Litman mengatakan, gempa yang terjadi pada Sabtu pagi itu masuk kategori gempa laut dangkal. Sebab, pusat gempa hanya berjarak 79 kilometer saja dari pusat Kota Manna, ibu kota kabupaten Bengkulu Selatan.

"Tidak berpotensi Tsunami," ungkap Litman saat dihubungi, Sabtu (17/9/2016), di Bengkulu

Kepala satuan tanggap darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Edwar Saputra menyatakan, getaran gempa dirasakan di 9 kabupaten kota dalam Provinsi Bengkulu.

Selain Bengkulu Selatan, getaran juga terasa di Kabupaten Kaur, Seluma, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, Kepahiang, Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong.

"Laporan dari masing-masing BPBD ternyata gempa dirasakan di hampir semua kabupaten kota, kecuali Mukomuko," ujar Edwar.

Saat ini pihaknya sudah menerjunkan tim BPBD di semua kabupaten untuk melakukan penyisiran dan inventarisir guna mendata jika terjadi kerusakan di wilayah yang terdekat dengan titik gempa yaitu Bengkulu Selatan, Seluma dan Kaur.

"Belum ada laporan, tim sedang bergerak ke lapangan, kami masih menunggu informasi lanjutan," kata Edwar Saputra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Bengkulu