Sukses

Kronologi Kapal Terbakar di Pelabuhan Tanjung Priok

Kapal MV Divine Succes terbakar di Pelabuhan 1 Dermaga 115 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sekitar pukul 18.10 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Pelabuhan Tanjung Priok menyelidiki peristiwa kebakaran Kapal MV Divine Succes di Pelabuhan 1 Dermaga 115 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sekitar pukul 18.10 WIB.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Victor Inkiriwang mengatakan, dari hasil pemeriksaan saksi-saksi sementara diketahui kapal itu terbakar tak lama saat bersandar di dermaga 115. Saat itu anak buah kapal (ABK) tengah melakukan bongkar muat semen curah di kapal tersebut.

"Kapal diketahui tengah bersandar di dermaga 115 Pelabuhan Tanjung Priok. Saat itu para ABK tengah melakukan bongkar muat semen curah dari daerah Baya Kabupaten Sukabumi," kata AKP Victor di Jakarta Utara, Jumat 16 September 2016 malam.

Victor mengungkapkan, saat tengah bongkar muat ada seorang ABK yang secara tak sengaja melihat asap muncul dari ruang mesin kapal. Kejadian itu pun langsung dilaporkan kepada petugas jaga di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Sekitar pukul 18.02 WIB, salah satu ABK kapal yang sedang tugas jaga melihat asap keluar dari ruang mesin kapal. Langsung dilaporkan ke PFSO atau petugas keamanan setempat dan lanjut dilaporkan ke Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Syah Bandar dan Otoritas Pelabuhan," tambah Victor.

Beruntung para ABK langsung mengevakuasi diri mereka ke tempat yang aman. Menurut Victor, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Ada 5 unit pemadam kebakaran dari pelabuhan, 3 unit dari Damkar Jakarta Utara dan dua kapal tug boat pun langsung membantu proses pemadaman.

"Upaya pemadaman menggunakan mobil pemadam kebakaran pelabuhan sebanyak 5 unit dan 2 kapal tug boat, kemudian diperkuat 3 unit kendaraan pemadam kebakaran dari Jakarta Utara. Jadi terhitung 8 unit damkar dan 2 unit tug boat," tutup Victor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini