Sukses

Ahli Kubu Jessica: Sianida Dicampur Kopi, Baunya Bukan Main

Ahli kubu Jessica, Budiawan, mengaku sudah melakukan eksperimen di lab 2 sampai 3 kali.

Liputan6.com, Jakarta Budiawan, saksi ahli toksikologi dari Universitas Indonesia yang memberikan keterangan untuk kubu Jessica Kumala Wongso menerangkan, sianida akan menguap jika dimasukkan dalam kopi dengan kadar atau dosis yang sama dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Ketika dicampur pada tahap pertama, itu menguap semua dalam waktu 10 menit. Itu sama pasti komposisinya (dengan kejadian)," ujar Budiawan dalam kesaksiannya di sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2016).

Budiawan membeberkan keterangan itu ketika Jaksa Penuntut Umum (JPU) menanyakan, apakah Budiawan pernah melakukan eksperiman atau simulasi serupa dengan kejadian pembunuhan Mirna. "Saya 2 sampai 3 kali lakukan di lab. Baunya bukan main. Itu semua sama. Gas sangat beracun. Kalau disidang ini mau dibuktikan, saya siap," lanjut dia.

Kasus kematian Wayan Mirna Salihin yang merupakan sahabat Jessica Kumala Wongso, begitu menyita perhatian publik. Mirna meninggal setelah diduga keracunan sianida saat menyeruput es kopi Vietnam di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Rabu 6 Januari 2016.

Dalam kasus ini, Jessica Wongso ditetapkan sebagai terdakwa tunggal dengan tuduhan pembunuhan berencana terhadap Mirna Salihin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini