Sukses

2 Instagram di Antara Drama Keluarga Mario Teguh

Liputan6.com, Jakarta - Baju batik bernuansa hijau dikenakan seorang wanita yang baru saja tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta, pada siang itu. Penampilannya sederhana dengan rambut yang digulung ke bagian atas kepala.

Namun kehadirannya menjadi sorotan tersendiri di markas polisi itu. Ini karena dia merupakan istri dari seorang motivator terkenal, Mario Teguh. Beberapa hari terakhir ini Linna Susanto Teguh dan sang suami memang tengah disorot terkait masalah keluarga.

Linna Susanto Teguh, istri motivator kondang Mario Teguh melaporkan kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan dua akun Instagram. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Keluarga mereka dibahas habis-habisan. Terutama di media sosial. Hingga Lina gerah lantaran merasa telah dicemarkan nama baik keluarganya.

Dia memutuskan untuk datang mengadu ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, 13 September 2016.

Semua berawal dari kemunculan sang anak tiri.

Pengakuan Kiswinar

Ario Kiswinar muncul secara tiba-tiba melalui sebuah acara talkshow salah satu TV swasta di Indonesia. Dalam acara tersebut, dia mengaku sebagai anak kandung dari Mario Teguh dengan istri pertamanya, Aryani.

Pria 31 tahun yang karib disapa Kis itu juga membeberkan berbagai bukti, seperti akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), akta nikah, dan foto-foto kebersamaannya dengan Mario Teguh.

Kis juga menjelaskan secara detail soal pertemuan terakhirnya dengan sang ayah pada 13 tahun lalu. Ketika itu Kis yang masih berusia 17 tahun meminta biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dia mengaku, tak sepeser pun uang dikeluarkan sang ayah. Sejak saat itu ia tak bisa menghubungi ponsel ayahnya, karena nomornya sudah tak aktif. Bahkan saat terakhir berbincang melalui telepon, sang ayah malah menyuruhnya untuk tidak mencarinya.

Pria kelahiran Jakarta, 29 April 1986 itu juga mengungkit soal perceraian orangtuanya lantaran kehadiran orang ketiga. Namun, ia tak mau membeberkan siapa orang yang dimaksud.

"Iya pasti sudah bilang (restu ibu) untuk mengungkapkan ini. Ibu saya juga sudah memperingatkan tentang risikonya," jelas Kiswinar seperti dilansir dari Bintang.com, Jumat (9/9/2016).

"Usia saya sudah 30 tahun dan ibu menganggap saya sudah dewasa. Sudah bisa menentukan sikap dan pilihan saya sendiri, sudah bisa ambil keputusan sendiri. Yang penting memang langkah saya ini sudah diketahui ibu. Ibu tenang kok sama seperti saya," sambung pria yang kini sibuk mengajar seni rupa di Sekolah Sampurna, Pancoran, Jakarta Selatan itu.

Sebelum bersama Linna, Mario Teguh telah menikah dengan Ariani, ibunda dari Ario Kiswinar.

Cerita yang disampaikan Kis ini ternyata sudah diketahui lama oleh teman-temannya. Seperti yang diungkapkan Naomi (bukan nama sebenarnya), teman kuliah Kis. Naomi mengaku sudah mengetahui hal ini sejak 2008.

"Teman-teman, sih, sudah tahu semua. Sudah lama banget. Itu cerita lama," cerita Naomi (bukan nama sebenarnya) saat dihubungi Liputan6.com.

Awalnya Naomi dan teman-teman sepermainan sempat kaget dan mengira pengakuan Kis hanya candaan. Sebab Kis tak pernah bercerita secara serius. Ia selalu menyelinginya dengan guyonan.

"Awalnya, sih, memang dia cerita sambil bercanda. Jadinya kami semua menganggap dia hanya nge-joke. Eh, enggak tahunya beneran," lanjut Naomi.

Menurut Naomi, Kis memang tak menutup-nutupi jika Mario Teguh adalah ayahnya. Jika baru membuka hal ini pada publik, kata dia, bukan karena Kis mencari sensasi. Namun hanya membutuhkan pengakuan.

"Kis sama sekali enggak menutup-nutupi."

Sementara seorang teman Kiswinar lainnya yang tak ingin disebutkan namanya mengungkapkan, pemuda berkacamata itu merupakan sosok yang mudah bergaul dan senang berbincang mengenai berbagai hal.

"Dia itu anaknya supel, tapi memang suka lebay dan caper, sih. Dia juga suka ngajak ngobrol soal kesehatan, lingkup kerja, atau realita sosial," ucapnya melalui pesan singkat kepada tim Citizen6, Liputan6.com di Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Ario Kiswinar anak yang tidak diakui Mario Teguh

Tak hanya asyik diajak berbincang, menurut dia, Kis juga royal di lingkungan teman-temannya. "Selain royal dalam berbagai hal. Kalau ada teman yang butuh apa, dia selalu berusaha buat bantu," tutur dia.

Namun ada satu topik yang tak pernah ia ingin bahas, yakni mengenai sosok ayahnya.

1 dari 3 halaman

Suara Adik Mario Teguh

Permata Kumara, adik ketiga Mario Teguh pun angkat bicara mengenai kemunculan Kis. Wanita yang kerap disapa Kum-Kum itu mengaku sedih melihat kondisi Ario Kiswinar yang seperti dibuang oleh ayahnya sendiri.

"Anak itu sudah terlalu lama sendiri, tidak dapat kasih sayang dari seorang ayah. Hak dia mendapat pengakuan dari ayahnya," ujar Kum-Kum.

Ario Kiswinar anak yang tidak diakui Mario Teguh

Dia menyebut, Mario sebagai sosok suami takut istri. Kondisi perkawinan dengan Lina, istri Mario Teguh yang sekaranglah yang membuat kakaknya itu berubah drastis.

"Kondisi dari punishment istri yang sekarang. Istrinya lebih otoriter, istilahnya. Apa pun bisa terjadi karena sikap istrinya itu," ucap Kum-Kum.

Dia bercerita, tak cuma pada Kis, Mario kini juga menjauh dari saudara-saudaranya. Malahan, untuk berkunjung ke rumah kakaknya saja, Kum-Kum mengaku kesulitan. Pertemuan terakhir dirinya dengan Mario Teguh cukup lama, yaitu pada 2009.

"Susah, Mas. Kita sendiri sudah bertahun-tahun hampir delapan tahun enggak pernah komunikasi. Kita datang ke rumahnya pun kayak ketemu sama presiden. Birokrasinya banyak banget," tutur Kum-kum.

Berbeda dengan komunikasi dengan Mario Teguh yang tak lagi berjalan lancar, Kum-Kum malah masih sering bertukar kabar dengan Ario Kiswinar. Baik lewat telepon, maupun media sosial. Malahan, akibat kisruh di keluarganya itu komunikasi Kum-Kum dengan Kis semakin intens.

Masa Lalu Mario

Mario Teguh Tantang Ario Kiswinar Teguh Lakukan Tes DNA

Setelah sempat diam beberapa saat, Mario Teguh muncul untuk menanggapi langsung pengakuan Kis yang sudah bikin jagat maya heboh. Dia membeberkan alasan hingga dirinya tidak mengakui Kiswinar sebagai anaknya.

Pada sebuah acara talkshow televisi yang disiarkan pada Jumat pagi 9 September 2016, pria 60 tahun itu mengungkapkan bahwa ia bukan tidak mengakui anaknya. Namun, menurut Mario, ada keraguan di balik status Kis.

Mario mengaku merawat Kis sejak lahir. Namun kekecewaan dialaminya ketika mengetahui Kis bukan darah dagingnya. Raut wajahnya memerah kala dia dengan terbata mengungkapkan bahwa istrinya saat itu, yakni Aryani yang menguak jika Kis bukanlah anak kandung Mario.

"Istri yang saya cintai saat itu, memberitahu secara langsung bahwa anak kami bukanlah anak saya. Coba bayangkan bagaimana rasanya mengetahui istri berbagi ranjang dengan laki-laki lain," ungkap Mario.

"Waktu itu saya kira hanya sebagai bentuk marahnya wanita kepada laki-laki," sambung dia.

Hingga usia Kis beranjak 17 tahun, Mario memutuskan untuk menanyakan langsung hal ini kepadanya. Mario berharap bahwa pernyataan Ariyani soal Kiswinar yang bukan anak kandungnya adalah salah.

"Saya bilang, 'Mas Ario tahu siapa papamu?' (Aryo bilang) 'Tahu'. Harapan saya dia nunjuk saya. Saya tanya lagi, 'Apakah dia bukan papa?' 'Ya'. Lalu dia sebut nama Mr. X, yang penggalan namanya ada di nama dia," tutur Mario Teguh dengan mata berkaca-kaca.

Mario tidak mengungkap langsung siapa Mr.X yang dimaksud. Namun, menurut dia, nama ayah kandung Kiswinar tertera pada nama lengkap Kis.

"Itulah kenapa Kiswinar dan ibunya menolak saya panggil Ario yang notabene ada nama saya. Hanya entah kenapa belakangan ini ia membawa nama saya dan mengaku sebagai anak kandung saya."

Mario Teguh: Ayah Asli Kiswinar, Ada di Penggalan Namanya

Dirinya resmi bercerai dengan Aryani pada 1993. Dia lalu menikah lagi dengan Linna Susanto pada 1995.

Mario menyayangkan tindakan Kiswinar yang membawa urusan pribadi menjadi konsumsi publik. Menurut dia, Kiswinar sudah dewasa dan sepatutnya menghormati ibunya dengan cerita-cerita yang memuliakan. "Sebab dia bukan lagi anak-anak melainkan bapak-bapak," ucap Mario.

Mario mengaku alasannya membuka kenyataan ini, untuk kenyamanan dia dan keluarganya. Ia tidak ingin istri dan anak-anaknya menjadi tidak nyaman dengan pemberitaan terkait pengakuan dari Ario Kiswinar.

dok: Ario Kiswinar Teguh/instagram.com

Untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan baik, Mario mengajak Kiswinar untuk melakukan tes DNA agar semuanya menjadi lebih jelas. "Mas Kiswinar, ayolah jangan berperilaku seperti anak-anak lagi. Kamu sudah 31 tahun. Mari kita selesaikan dengan tes DNA. Jangan lari-larian lagi."

Pernyataan Mario pun ditanggapi Kiswinar. Kis mengaku tetap menghormati ayahnya.

"Orangtua, termasuk ayah pasti mengajarkan kebaikan. Saya juga diajarkan untuk tidak iri dengan orang lain. Jangan sampai orang lain jadi ini, kita pengin. Karena siapa tahu dia juga pengin seperti kita," ujar Ario Kiswinar seperti melansir dari Bintang.com.

"Dia (Mario Teguh) tetap ayah saya. Sosok yang mengajarkan saya banyak kebaikan. Saya enggak pernah membencinya meski bukan berarti setuju dengan apa yang diperbuatnya. Tidak setuju kan bukan berarti harus benci," ucap dia.

2 dari 3 halaman

2 Akun Instagram

Istri Mario Teguh saat ini, Linna Susanto mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya pada Selasa siang 13 September 2016. Dia datang melaporkan kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan dua akun Instagram.

Linna didampingi pengacaranya, Vidi Syarief tiba di ruang SPKT sekitar pukul 14.00 WIB. Keduanya baru keluar dari ruang aduan itu sekitar pukul 15.45 WIB.

"Kita melaporkan kasus pencemaran nama baik dan juga pelanggaran Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Jadi baru sekadar bikin LP (laporan). Selanjutnya belum tahu, hanya itu sementara," ujar Vidi.

Vidi menuturkan, kliennya melaporkan dua akun instagram berinisial L dan H atas dugaan pencemaran nama baik.

"Yang dilaporin adalah akun Instagram, ada dua. Inisialnya ada L, ada H. Itu akun Instagram ya, bukan nama orang," ucap Vidi.

Namun ia ‎tak menyebut konten yang mana dari akun tersebut yang dianggap melakukan pencemaran nama baik. Vidi hanya menyebut memiliki bukti-bukti konten yang telah di-posting dua akun anonim itu.

"Bukti-buktinya sudah, ada dua. Kita ada print out-nya," ucap Vidi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dua akun Instagram yang dilaporkan adalah @lambe_turah dan @hebohwow. Keduanya dipolisikan dengan nomor laporan: LP/4419/IX/2016/PMJ/Dit.Reskrimsus.

Lalu siapa sosok di balik dua akun Instagram yang dipolisikan itu?

Liputan6.com mencoba mengintip dua akun yang dipolisikan istri Mario Teguh. Berdasarkan penelusuran, @lambe_turah merupakan akun anonim. Tidak diketahui siapa admin akun tersebut.

Sejauh ini, @lambe_turah sudah memiliki 495 ribu followers. Akun itu juga telah mengoleksi 1.331 posting-an.‎ Rata-rata posting-an merupakan informasi atau gosip seputar selebritas. Banyak artis atau publik figur yang dibahas di akun ini, tak terkecuali Mario Teguh.

Istri Mario Teguh laporkan 2 akun Instagram. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Akun ini pernah mem-posting video Mario Teguh yang berbicara soal Ario Kiswinar yang mengaku sebagai anak biologisnya.

Juga terdapat video adik Mario Teguh, Permata Kumara Teguh, yang menyebut mantan istri kakaknya, yakni ibu Ario merupakan wanita baik. Kumara juga menyebut, hubungan kakaknya dengan istri yang lama terganggu dengan kehadiran istri Mario saat ini.

Semula, akun @lambe_turah dapat diakses dengan bebas tanpa harus menjadi follower. Namun beberapa jam setelah dilaporkan, atau sekitar pukul 18.20 WIB, akun tersebut di-protect.

Akun itu juga sempat menanggapi laporan Linna ke Mapolda Metro Jaya.

"Gak ush heboh minceu udah tau kok bakal di laporin dari pagi tadi. Just info yess bkn cuma minceu aja yg di laporin tapi ada 1 akun lagi, dan juga ada 3 orang lainnya. Siapa aja mereka ??? Nanti juga bakal tau dari media online Cliiink berubah lagi jadi arwah gentayangan biar bisa tau," tulis akun @lambe_turah dengan hastag #MinceuLanjutMakanGergajiBesiDanBatakoBiarKuat.

Berbeda dengan @lambe_turah, akun @hebohwow memang dibuat khusus untuk pemberitaan Mario Teguh. Akun tersebut juga menulis bio 'MARIOTEGUH FAKTA WOW'.

Terakhir dilihat, akun tersebut telah memiliki 7.226 follower dengan jumlah postingan 131. Beberapa postinga‎n terbaru merupakan video-video adik Mario Teguh, Permata Kumara Teguh yang membeberkan fakta-fakta kehidupan kakaknya pada sebuah wawancara eksklusif.

Sekitar satu jam pasca-pemberitaan, istri Mario Teguh melaporkan dua akun Instagram di Mapolda Metro Jaya, akun @hebohwow langsung hilang.

Diduga akun tersebut langsung mengganti nama dan deskripsi bio Instagramnya.

Berdasarkan penelusuran, akun tersebut berubah menjadi @banyakfaktadisini dengan bio 'FAKTA' Jangan baper. Terakhir, akun tersebut telah memiliki 8.501 followers dengan 134 posting-an.