Sukses

Kilas Indonesia: Jokowi Kurban Sapi 1,2 Ton di Masjid Agung Solo

Dibutuhkan lebih dari enam orang untuk mengikat serta menjatuhkan sapi brenggolo seharga Rp 70 juta ini.

Liputan6.com, Solo - Sapi kurban seberat 1,2 ton dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi disembelih di Masjid Agung, Solo, Jawa Tengah.

Dibutuhkan lebih dari enam orang untuk mengikat serta menjatuhkan sapi brenggolo seharga Rp 70 juta ini. Berita ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (12/9/2016).

Di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), ratusan warga di sebuah desa bisa membeli 45 ekor sapi. Sapi-sapi itu dikurbankan dan dagingnya dibagikan kepada seluruh warga.

Untuk seekor sapi, warga membayar Rp 2 juta per orang. Ini merupakan tradisi yang telah turun-menurun.

Sementara di Klaten, Jawa Tengah, tim pengawas dan pemeriksa hewan kurban menyisir setiap lokasi penyembelihan. Hasilnya, petugas menemukan hati sapu yang terinfeksi cacing hati.

Daging sapi tersebut langsung disita dan dibuang petugas. Petugas juga menemukan hewan kurban yang belum cukup umur, namun tetap disembelih.

Di Ibu Kota, ratusan warga kurang mampu berebut bungkusan daging kurban yang dibagikan di Masjid Jami Nurul Iman, Jakarta Barat. Antrean penuh sesak tak jadi halangan bagi warga demi mendapatkan daging untuk disantap bersama keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.