Sukses

KPK Tangani 74 Kasus Libatkan Kepala Daerah Sejak 2004

Modus perkara yang paling banyak dilakukan dari 74 kasus itu, yakni penyuapan.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah berapa kasus di tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melibatkan kepala daerah? Jawabnya 74 kasus. Semua kasus yang menjerat kepala daerah itu terhitung sejak 2004.

"Sejak 2004, KPK sudah mengusut 74 kasus yang libatkan kepala daerah," ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati, dalam pesan singkatnya, Jakarta, Senin (12/9/2016).

Menurut dia, dari 74 kasus itu, ada 63 kepala daerah yang terjerat. Rinciannya, 52 orang merupakan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota. Sisanya merupakan gubernur atau wakil gubernur.

"Sementara‎ ada beberapa kepala daerah yang kena lebih dari 1 kasus, seperti Ratu Atut (mantan Gubernur Banten) dan Gatot Pujo Nugroho (mantan Gubernur Sumatera Utara)," ujar Yuyuk.

Yuyuk menjelaskan, modus perkara yang paling banyak dilakukan dari 74 kasus itu, yakni penyuapan. Ada 30 kasus terkait penyuapan. Lalu ada pengelolaan anggaran dengan 20 kasus. Ada juga korupsi terkait pengadaan barang dan jasa 10 kasus.

"Lain-lainnya ada modus pemerasan terkait perizinan, penyalahgunaan wewenang, pencucian uang, dan gratifikasi," ucap Yuyuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Suap