Sukses

VIDEO: Jokowi Kurban Sapi Limosin Seberat 950 Kg di Banten

Jokowi juga menyerahkan hewan kurban masing-masing satu ekor ke Masjid Istiqlal Jakarta dan Masjid Agung, Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Ats-Tsaurah, Kota Serang, Banten. Didampingi Ibu Negara Iriana dan anaknya Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep, Jokowi tiba di Masjid Agung pada Pukul 06.30 WIB. Tampak pula Gubernur Banten Rano Karno.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (12/9/2016), usai salat Id, Presiden menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi jenis limosin seberat 950 kilogram.

Selain di Masjid Agung, Jokowi juga menyerahkan hewan kurban masing-masing satu ekor ke Masjid Istiqlal Jakarta dan Masjid Agung, Solo, Jawa Tengah.

Di Jakarta, ratusan ribu jemaah memenuhi shaf Masjid Istiqlal. Antusiasme masyarakat tak surut meski Presiden dan wakil Presiden tidak salat Id. Pengamanan pun tak kendur dengan melibatkan aparat kepolisian garnisum dan Koramil. 500 petugas berpakaian sipil juga mengawal jalannya salat Id.

Sementara itu, ribuan umat muslim di Yogyakarta menggelar salat Id di alun-alun Yogyakarta. Salat yang dipimpin imam dan khotib dari pimpinan pusat Muhammadiyah ini menegaskan pentingnya seorang pemimpin yang memiliki jiwa berkurban.

Salat Id juga dihadiri Gubernur sekaligus Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Selain itu, hamparan gumuk pasir di Pantai Parangkusumo menjadi tempat favorit muslim di Yogyakarta untuk melaksanakan salat Id. Nuansa padang pasir seperti padang arafah di Jazirah Arab membuat tempat ini selalu dipadati jemaah.

Di Sidoarjo, Jawa Timur, ratusan warga yang pernah menjadi korban dampak luapan lumpur Lapindo dari Desa Jatirejo dan Desa Siring, Kecamatan Porong salat Id di Masjid Nurul Azhar.

Mereka datang untuk melepas rindu pada bekas kampung halaman mereka yang sudah terendam oleh lumpur Lapindo. Sejauh ini masjid dan Panti Asuhan Nurul Azhar belum mendapat ganti rugi akibat lumpur Lapindo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.