Sukses

Menko Puan: Pemerintah Mendorong Masyarakat Lebih Produktif

Puan Maharani juga berpesan agar ideologi ekonomi kerakyatan diterapkan di seluruh daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, pemerintah terus mengupayakan pembangunan manusia agar lebih produktif.

Di antaranya dengan meningkatkan dan memajukan sektor koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sebab, menurut Puan, pemberdayaan sektor koperasi dan UMKM sesuai ideologi bangsa dan negara.

"Harus menjadi ideologi kita semua. Koperasi dan UMKM adalah sektor yang menyokong penuh ekonomi bangsa dan mampu menahan badai krisis," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/9‎/2016).

Menurut Puan, cara memajukan sektor koperasi dan UMKM antara lain dengan mempermudah akses perbankan, memberi layanan kredit usaha tanpa agunan, dan menyalurkan pinjaman melalui lembaga penyalur dana bergulir (LPDB).

"Kita harus membuat masyarakat kita produktif, bekerja menghasilkan sesuatu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya," kata Puan.

Selain itu, menteri asal PDIP ini juga berpesan agar ideologi ekonomi kerakyatan diterapkan di seluruh daerah.

"UMKM merupakan soko guru ekonomi kerakyatan Indonesia, terbukti ekonomi kerakyatan yang menjadi penyelamat pada saat krisis ekonomi Indonesia," Puan menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.

    koperasi

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM