Sukses


Mahyudin Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR di Lampung

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Wakil Ketua MPR Ri Mahyudin di Lampung, menyambangi mahasiswa Universitas Malahayati Lampung. Acara yang digelar di Gedung Graha Bintang Universitas Malahayati, Kamis (8/9) dhadiri Rektor, civitas akademika Universitas Malahayati dani sekitar 500 lebih mahasiswa Universitas Malahayati serta pelajar sekolah menengah atas negeri dan swasta SMA se-Lampung membahas seputar Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa.

Kepada para peserta, Mahyudin mengungkapkan bahwa Sosialisasi Empat Pilar yang sedang gencar diselenggarakan di berbagai daerah adalah amanah UU No.17 Tahun 2014 tentang MD3.

"Jadi sosialisasi ini adalah tugas MPR dalam menjalankan perintah UU. Pemahaman tentang Pancasila dan nilai luhur bangsa lainnya sangatlah penting dalam hal ini sehingga diamanatkan dalam UU. Targett sosialisasi adalah seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda penerus bangsa, " katanya.

Diutarakan Mahyudin, terkait Pancasila, sebenarnya bangsa Indonesia harus bangga memiliki Pancasila. Negara lain sangat mengagumi Pancasia. Hal ini disebabkan karena Pancasila mampu menyatukan rakyat yang berbeda-beda menjadi satu dalam NKRI diikat dengan ideologi Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Jadi saya ingatkan kepada para anak muda Indonesia, banggalah kepada nilai bangsa sendiri. Janganlah terlalu mengangung-agungkan nilai-nilai bangsa lain. Pahami Pancasila resapkan dalam hati hingga timbul cinta sehingga mampu menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Dikatakan Mahyudin, begitu pentingnya pemahaman Pancasila dan nilai luhur bangsa lainnya, Pimpinan MPR sempat melakukan diskusi dengan pemerintah agar pemahaman tersebut dilaksanakan secara massif ke seluruh pelosok Indonesia dengan berbagai metode yang baik dan efektif.

"Hal tersebut bukan hanya keinginan MPR semata tapi juga keinginan rakyat. Banyak para guru di berbagai daerah berharap agar Pancasila masuk dalam kurikulum pendidikan nasional," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Malahayati Mohammad Khadafi memberikan apresiasinya kepada MPR yang gencar memggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ke dalam kampus.

"Generasi muda sangat rentan disusupi pemahaman-pemahaman aneh. Pemahaman yang betul Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika akan bisa membentengi generasi muda dari pengaruh pemahaman lain yang sempit dan tidak jelas," katanya.

Acara sosialisasi selengkapnya sendiri dibawakan sehari penuh dengan menampilkan narasumber anggota MPR RI Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso dan anggota DPRD Provinsi Lampung Toni Ekachandra.