Sukses


Penyuluh Pertanian Berharap Bantuan Ketua MPR Agar Menjadi PNS

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menerima kunjungan puluhan anggota Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian.

Liputan6.com, Jakarta Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan MPR, Gedung Nusantara III, komplek MPR, DPR dan DPD, pada Rabu (8/9), Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menerima kunjungan puluhan anggota Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL TBBP). Pada pertemuan tersebut delegasi Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluih Pertanian dipimpin Sekjen THL TBBP Baihaqi.

Kepada Ketua MPR RI Baihaqi antara lain menyampaikan keinginan para THL TBBP agar Ketua MPR turut memperjuangkan 19.156 orang penyuluh pertanian menjadi pegawai negeri sipil, seperti yang pernah dijanjikan pemerintah.

Menurut Baihaqi, pemerintah sempat memberikan janji kepada para penyuluh pertanian untuk dijadikan PNS, dengan syarat mampu menjaga kelestarian lahan tanaman pangan, seluas 10 juta hektar. Syarat tersebut kata Baihaqi berhasil dipenuhi para penyuluh pertanian pada Maret lalu, sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

"Setelah para penyuluh ini berhasil, ternyata pemerintah hanya mau mengangkat para penyuluh yang usianya dibawah 35 tahun, atau sebanyak 6050 orang", kata Baihaqi menambahkan.

Karena itu, kata sekjen THL TBBP, mereka berharap Ketua MPR mau membantu menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah. Khususnya kepada Presiden Joko Widodo, Kementan dan MenPan.

Menanggapi permohonan tamunya, Zulkifli menyatakan pihaknya prihatin dengan nasib para anggota THL TBBP. Karena itu Ketua MPR menyampaikan kesediaannya menjadi penyambung lidah aspirasi para penyuluh pertanian kepada pemerintah.

Pada kesempatan tersebut Zulkifli meminta seluruh anggota THL TBBP bisa tetap tenang. Ketua MPR juga mempersilan THL TBBP untuk melakukan unjuk rasa kembali, kalau merasa aspirasinya belum didengarkan pemerintah. Asalkan unjuk rasa yang dilakukan harus dengan tertib dan tidak membuat kerusakan. Ketua MPR juga berpesan kepada para penyuluh pertanian agar kembali ke rumah masing-masing dengan tenang, dan selamat.

Seperti diketahui, para penyuluh pertanian yang tergabung dalam THL TBBP baru saja melakukan aksi demo untuk menagih janji pemerintah yang hendak menjadikan mereka sebagai PNS. Aksi damai tersebut diikuti perwakilan THL TBBP dari seluruh Indonesia di Istana Negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.