Sukses

Belasan Rumah dan Pohon Diterjang Puting Beliung

Belasan rumah nelayan di Pantai Tonyamang, Polewali Mandar, Sulbar, kini porak-poranda usai diterjang puting beliung kemarin petang. Sejumlah pohon besar tumbang, dan jaringan listrik ribuan pelanggan PLN padam.

Liputan6.com, Polewali: Belasan rumah nelayan di Pantai Tonyamang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, kini porak-poranda usai diterjang angin puting beliung kemarin petang. Kendati diterjang angin puting beliung hanya dalam tempo lima menit, belasan rumah warga dan pepohonan di desa setempat tumbang.

Bahkan, dua rumah warga di antaranya rata dengan tanah. Berbagai perabotan dan peralatan elektronik tak bisa diselamatkan pemilik rumah. Karena umumnya warga yang panik memilih lari dan memboyong istri beserta anak-anak mereka ke tempat yang lebih aman.

Berbagai cara dilakukan warga demi menyelamatkan rumah mereka dari terpaan angin kencang. Sejumlah warga menambatkan rumah mereka dengan tali di beberapa titik, namun tak banyak menolong. Tiang tempat rumah ditambatkan roboh bersama rumahnya. Sejumlah warga yang kehilangan tempat tinggal terpaksa menumpang di rumah tetangga yang tidak masih berdiri kokoh.

Sejumlah korban yang rumahnya hancur mengaku stres karena kehilangan tempat tinggal yang mereka bangun dengan susah payah dari kerja keras sebagai nelayan. Para korban berharap pemerintah segera membantu agar mereka bisa kembali mendirikan rumah layak huni untuk istri dan anak-anak mereka.

Adapun belasan pohon yang tumbang selain menimpa rumah juga memutuskan jaringan listrik terhadap ribuan pelanggan Perusahaan Listrik Negara. Petugas PLN setempat terpaksa bekerja keras membenahi jaringan kabel yang putus.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.