Sukses

Antisipasi Lonjakan Libur Idul Adha, Menhub Tinjau Tol Cipali

Di rest area 226 Tol Cipali, Menhub memeriksa ketersediaan bahan bakar dan berbincang dengan pemudik asal Depok, Jawa Barat.

Liputan6.com, Brebes - Seusai menghadiri pelantikan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru, Budi Gunawan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya langsung bertolak menuju Cirebon. Dia meninjau persiapan lalu lintas di Tol Cipali menyambut libur Idul Adha.

Demi mempersingkat waktu, Budi Karya menggunakan pesawat Balai Kalibrasi dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara Cakrabuana, Cirebon, Jawa Barat. Didampingi stafnya, Menhub mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polri terkait antisipasi kemacetan.

"Tadi usai pelantikan sempat koordinasi singkat dengan Kapolri. Pak Tito sudah kerahkan Kapolda Jawa Barat dan Jawa Tengah, Kapolres setempat, untuk mempersiapkan semua," ujar Budi Karya kepada Liputan6.com dan SCTV dalam penerbangan menuju Cirebon, Jawa Barat, Jumat (9/9/2016).

Tiba di Cirebon, Menhub langsung menuju pintu tol Brebes Timur atau yang lebih dikenal dengan Brexit. Melalui jalur darat hampir satu jam, Menhub menyisir dengan teliti situasi terkini dari Tol Cipali atau Tol Cikopo-Palimanan.

"Sejauh ini masih sangat lengang, ya. Sangat lancar. Tidak ada kepadatan berarti, apalagi kemacetan. Jalan pun sudah relatif bagus, tidak seperti sebelumnya," kata Budi Karya.

Bahkan dalam perjalanan menuju Brexit, Budi Karya sempat meminta rombongan meninjau langsung rest area. Di rest area 226 Tol Cipali, Menhub memeriksa ketersediaan bahan bakar dan berbincang dengan pemudik asal Depok, Jawa Barat.

Seluruh petugas pun diminta melayani masyarakat semaksimal mungkin, tanpa terkecuali dan dalam situasi apapun. Ucapan terima kasih dan pemberian semangat pun tak lupa disematkan kepada tim yang bertugas.

Tak lama berselang, Menhub tiba di Brexit. Di sana, Menhub disambut Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, yang memang tiba lebih dulu untuk siaga di titik yang terkenal vital dari kemacetan saat Lebaran beberapa waktu lalu.

"Brebes ini lajurnya memang sempit, karena hanya tersedia dua (jalur). Tidak efisien jika diperlebar, karena pembangunan tol menuju timur terus dikebut. Nanti kalau sudah nyambung, yang keluar Brebes akan sedikit. Bisa dilihat dari kondisi sekarang di hari-hari biasa, lengang sekali, tidak seperti Lebaran," pungkas Budi Karya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini