Sukses

Seberapa Besar Apple Bergantung pada iPhone?

Liputan6.com, Jakarta Sejak pertama kali meluncur pada 9 Januari 2007, Apple memang memberi harga yang cukup tinggi untuk iPhone. iPhone generasi pertama dihargai $ 499 untuk seri 8Gb dan $ 599 untuk seri 16Gb. Hampir setiap tahun seri terbaru iPhone muncul hingga kini iPhone 7 dan iPhone 7 Plus telah melenggang di pasaran.  

iPhone hanyalah salah satu lini produk khusus telepon genggam dari perusahaan teknologi Apple. Selain iPhone, Apple memiliki Mac untuk komputer, jam tangan pintar, tablet iPad, TV hingga aplikasi musik. Namun nampaknya lini smartphone iPhone memiliki kontribusi cukup besar dalam pendapatan bersih Apple setiap tahunnya.

Pada tahun 2016 ini, keuntungan Apple pada semester pertama menunjukan penurunan. Apakah iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang dihargai  $ 649 dan $749 mampu menggenjot pendapatan Apple hingga akhir tahun 2016? Nampaknya Apple cukup banyak berharap dari seri terbaru iPhone ini. Meski terjadi penurunan harga saham hampir 3% sehari pasca-peluncuran iPhone 7. Apple juga menyatakan tidak akan mengumumkan hasil penjualan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di minggu pertama peluncurannya. Kita tunggu saja perkembangannya. (rn)