Sukses

Di Balik Sejarah Hari Olahraga Nasional

Hari Olahraga Nasional bertepatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama.

Liputan6.com, Jakarta Hari Olahraga Nasional bertepatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama. Bermula dari ditolaknya para atlet Indonesia saat akan ikut serta Olimpiade Musim Panas XIV di London (1948). Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) sebagai lembaga olahraga resmi di Indonesia pada saat itu belum diakui menjadi anggota International Olympic Committe (IOC). Penolakan itu juga dikarenakan kemerdekaan Indonesia belum bisa diakui oleh dunia.

PORI memutuskan untuk menggelar PON untuk menandakan jika Indonesia mampu melaksanakan acara olahraga dengan skala nasional. PON pertama digelar di Solo, Jawa Tengah, karena memiliki fasilitas olahraga paling memadai kala itu. Pembukaan PON pertama diresmikan oleh Presiden Pertama RI, Soekarno. Sedangkan acara penutupnya dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada infografis berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini