Sukses

Begini Pengendalian Lalu Lintas di Tol Brebes Exit Saat Idul Adha

Sepanjang wilayah Jawa Tengah selama mudik Idul Adha, diperkirakan ada perbaikan jalan dan pasar tumpah.

Liputan6.com, Jakarta - Korlantas Polri telah mengantisipasi kemacetan saat libur panjang Idul Adha 2016 di wilayah Brebes, Jawa Tengah. Antisipasi dilakukan setelah kemacetan parah melanda gerbang tol keluar Brebes atau yang lebih dikenal dengan Brebes Exit (Brexit) saat mudik Idul Fitri Juli lalu.

"Kita sudah koordinasi, nanti pengendaliannya mulai dari Tol Dalam Kota kemudian Cikunir, Cikarang Utama, Karawang Barat, Karawang Timur, Cikopo, kemudian ke arah Cipali termasuk Pejagan, Palimanan yang berakhir pada Brebes Timur," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Korlantas Polri Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Ia menjelaskan, apabila kepadatan terjadi di Brebes Timur, maka arus lalu lintas akan dialihkan. Namun demikian, akan dilakukan pengendalian lalu lintas terlebih dahulu.

Agung mengatakan, ketika terjadi kemacetan di Brebes Timur yang panjangnya 2-4 km, maka lampu lalu lintas yang ada sebelum pintu masuk tol Cikampek akan dibuat lebih lama lampu merahnya daripada lampu hijaunya.

"Termasuk juga di gate Cikarang Utama, kalau sekarang tolnya dibuka ada 28 pintu, maka akan saya kurangi. Saya sudah koordinasi dengan BPJT akan kita kurangi, bukan menghambat, untuk mengendalikan sehingga mengurangi jumlah kendaraan secara perlahan-lahan yang akan melintas di Tol Cikampek, Cipali, atau Cipularang yang akan ke Bandung," kata Agung.

Kemudian, apabila kemacetan di Brebes Timur sudah mencapai 5 km, maka arus lalu lintas akan dialihkan ke Palimanan dan Pejagan. Meski begitu, dia mengakui masih ada permasalahan yang belum mampu diselesaikan.

"Masih ada perbaikan jalan, kemudian tidak menutup kemungkinan pada siang atau sore hari pasar tumpah di beberapa kota di Jawa Tengah juga masih ada. Kemudian lintasan kereta api sebidang memang sudah direncanakan oleh Kementerian BUMN untuk ada pembuatan flyover, ada 5 yang akan segera dibuat yang akan insya Allah nanti Lebaran 2017 sudah selesai," tegas Agung.

Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) melakukan apel gabungan dalam rangka antisipasi libur panjang Idul Adha pagi ini. Ada ratusan petugas yang ikut dalam apel gabungan ini. Mulai dari petugas kepolisian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR), hingga Kementerian Perhubungan turut serta dalam apel gabungan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini