Sukses

DPR Gelar Rapat Paripurna Kepala BIN Baru Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR telah menyatakan Komjen Budi Gunawan layak dan patut menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Komisi I pun melaporkan hasil fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) Wakil Kepala Polri itu kepada pimpinan DPR.

Sesuai dengan prosedur, hasil laporan Komisi I soal lolosnya BG akan dibawa ke rapat paripurna. Rapat paripurna pun dijadwalkan berlangsung pada Kamis (8/9/2016).

"Sesuai penjadwalan, besok pengesahan BG sebagai Kepala BIN oleh paripurna, jam 10.00 WIB," ungkap Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah melalui pesan singkat kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu, 7 September 2016.

Dia lalu menyebut, apabila seluruh fraksi dan anggota setuju dengan laporan Komisi I terkait BG yang lolos menjadi Kepala BIN, DPR pun akan berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo. Setelah itu, Presiden akan melantik Kepala BIN baru.

"Kirim (surat) ke presiden untuk dilakukan pelantikan," Fahri menutup.

Sementara, beredar sebuah surat tentang rapat paripurna penetapan Budi Gunawan. Pada surat itu tercantum DPR akan melakukan rapat paripurna hari ini.

Salah satu agendanya adalah laporan Komisi I DPR terhadap hasil fit and proper test calon Kepala BIN, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyatakan Komjen Budi Gunawan layak dan patut menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan.

"Setelah mendengarkan paparan visi, misi, pandangan fraksi-fraksi, dan anggota DPR RI terhadap calon Kepala BIN saudara BG, maka rapat intern Komisi I memutuskan saudara BG layak dan patut sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso," ujar Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari.

Video Populer

Foto Populer