Sukses


Waka MPR Mahyudin: Mahasiswa Jangan Mudah Galau

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah bangsa yang besar. Bangsa yang besar membutuhkan pemimpin-pemimpin bangsa yang kuat. Generasi muda adalah calon pemimpin bangsa yang harus kuat.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua MPR RI Mahyudin kepada ratusan mahasiswa dan mahasiswi dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kerjasama MPR RI dengan BEM Fisip Universitas Lampung, di ruang serba guna Universitas Lampung, Rabu ( 7/9 ).

"Mahasiswa jangan lembek, jangan gampang galau. Diputus cinta saja langsung galau, tulis status facebook sedang galau gak semangat. Itu generasi muda yang kalah, mahasiswa harus semangat berani hadapi hidup," canda Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Diutarakan Mahyudin, mahasiswa harus menjadi pioner dalam upaya memahami dan mengimplementasikan Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa lainnya. Generasi muda harus pandai-pandai dan bijak memilih teladan dari lingkungan yang memang sangat keras dan dipenuhi berbagai fenomena kejahatan.

Mahasiswa harus memilih teladan yang baik. Memang ini sebuah tantangan berat di saat generasi muda Indonesia membutuhkan teladan yang baik, muncul banyak contoh teladan tidak baik seperti oknum pejabat yang korupsi, selingkuh atau narkoba.

"Harus dipahami mahasiswa, tantangan bangsa ini memang sangat berat, berasal dari dalam juga dari luar atau global. Mahasiswa harus hati-hati. Untuk itu selain membekali diri dengan pendiidkan yang baik, harus juga membekali diri dengan serius melakukan upaya pemahaman nilai-nilai luhur bangsa sehingga terbentuk karakter bangsa yang kuat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Hasriadi Mat Akin mengatakan, hancurnya negara Indonesia karena kurangnya karakter bangsa. Mencetak orang pintar itu gampang, yang sulit adalah membentuk karakter anak bangsa, karakter yang sesuai dengan nilai luhur bangsa.

"Sosialisasi yang diupayakan MPR sangat baik dalam upaya membentuk kembali karakter bangsa. Kita perlu calon calon pemimpin bangsa yang berintegritas. Sosialisasi empat pilar MPR pantas diapresiasi dan didukung penuh semua pihak," tandasnya.

(*)