Sukses

Komisi I DPR Nyatakan Budi Gunawan Patut dan Layak Jadi KaBIN

Abdul menyebut, hasil uji kepatutan dan kelayakan Budi Gunawan sudah melalui pertimbangan fraksi-raksi di DPR

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR menyatakan Komjen Budi Gunawan layak dan patut menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) setelah menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan.

"Setelah mendengarkan paparan visi, misi, pandangan fraksi-fraksi, dan anggota DPR RI terhadap calon Kepala BIN saudara BG, maka rapat intern Komisi I memutuskan saudara BG layak dan patut sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso," ujar Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari usai rapat internal Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Ia menjelaskan, uji kepatutan hari ini telah melalui mekanisme yang harus dipenuhi, mulai dari surat Presiden Joko Widodo ke DPR, lalu dibacakan di rapat paripurna, rapat pimpinan, hingga rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

Abdul menyebutkan, hasil uji kepatutan dan kelayakan juga sudah melalui pertimbangan fraksi-raksi di DPR. Namun dia mengatakan alasan pelolosan Budi Gunawan tak bisa disampaikan gamblang karena keputusan secara internal itu tertutup.

"Demikian kesimpulan kami," tutur Abdul soal persetujuan terhadap Budi Gunawan yang menjadi Kepala BIN hari ini.

Fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Budi Gunawan dilangsungkan secara tertutup. Hanya pembacaan visi yang dilakukan terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.