Sukses

RS Menteng Mitra Afia Ditutup, Ahok Cari Solusi untuk Karyawan

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Menteng Mitra Afia di Jalan Kalipasir Nomor 9 Cikini, Jakarta Pusat ditutup oleh Pemprov DKI pada Selasa 6 September 2016 kemarin. Kini, nasib sekitar 240 karyawan pun terkatung-katung.

Pagi tadi, enam karyawan RS tersebut mengadu ke Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Mantan Bupati Belitung Timur itu pun menjelaskan kepada mereka penyebab penutupan RS Menteng Mitra Afia.

Ahok menjelaskan, pihaknya menutup RS itu karena mereka telah menyuap pihak Pemprov DKI, serta kondisi rumah sakit yang tak baik untuk pasien.‎

"Sudah ada SP1‎, SP2, dan SP3. Mereka juga ada penyuapan ke orang kita juga. Jadi dia pelanggaran ada beberapa persyaratan kesehatannya berbahaya untuk pasien. Kita bilang mesti ditutup, makanya kita tutup," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Meski ditutup, Ahok mengaku kasihan dengan nasib karyawan RS itu. Ahok pun berencana menempatkan para karyawan ke RS lain milik Pemprov.

"Nah sekarang kan pegawainya yang kasihan, tapi mau bagaimana? Pimpinan manajemennya begitu. Kita carikan saja (solusi), kita bangun rumah sakit banyak, di sana ditampung (karyawan RS Menteng), toh kita BLUD (Badan Layanan Umum Daerah). Enggak masalah," kata Ahok.‎

Terpisah, Kepala HRD RS Menteng Mitra Afia, Desi Nurul menjelaskan, ada 240 karyawan yang harus diberhentikan dan nasib mereka semakin tak jelas usai penutupan RS.

"Ada 240 karyawan tetap dan karyawan kontrak. Kalau yang masih muda-muda, kami rasa masih bisa survive, tapi yang sudah 20 tahun bekerja ini yang menjadi masalah," kata Desi.

Video Populer

Foto Populer