Sukses

Uji Kelayakan Kepala BIN, Budi Gunawan Didampingi Buwas

Liputan6.com, Jakarta Komjen Budi Gunawan (BG) menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan men‎jadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Komisi I DPR hari ini. Budi Gunawan hadir pukul 09.27 WIB di Kompleks Parlemen dengan pengawalan.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (7/9/2016), beberapa perwira tinggi Polri juga ikut mendampingi, salah satunya Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso atau Buwas.

Rencananya, uji kelayakan dan kepatutan ini dimulai pukul 10.00 WIB. Tes ini akan digelar secara tertutup.

"Fit and proper test akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB, Insya Allah sesuai jadwal. Nanti akan ada penyamapaian visi misi dan kemudian pendalaman‎ dari anggota," kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyahri di Jakarta, ‎Rabu (7/9/2016).

Menurut dia, fit and proper test terhadap Wakapolri tersebut berlangsung tertutup untuk menjaga rahasia negara. Banyak informasi BIN yang harus dijaga kerahasiaannya.

"Karena banyak hal-hal strategis yang berkaitan dengan intelijen yang memang tak mungkin untuk dibuka. Teknis intelijen itu kan tak mungkin dibuka. Atas pertimbangan rapat Komisi I disepakati seperti itu (tertutup)," ujar Abdul.

Komjen Budi Gunawan ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menggantikan [Kepala BIN](Kepala BIN "") saat ini, Sutiyoso.

Video Populer

Foto Populer