Sukses

Uji Kelayakan dan Kepatutan Budi Gunawan Jadi KaBIN Tertutup

Liputan6.com, Jakarta - DPR melalui Komisi I akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) hari ini. Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin menyebut akan ada paparan pertanyaan dari para anggota Dewan pada tes tertutup itu.

"Ada paparan pertanyaan, rotasi pertama. Kalau tidak jelas, ada rotasi kedua," ungkap TB Hasanuddin di Jakarta, ‎Rabu (7/9/2016).

Menurut dia, tes itu akan dimulai pukul 10.00 WIB. Usai fit and proper test, anggota Dewan akan menggelar rapat internal terkait pandangan fraksi-fraksi.

"Selesai itu rapat, bagaimana pendapat-pendapat fraksi, kemudian diambil keputusan. Tapi sekali lagi, ini kan bukan keputusan untuk menyetujui, tidak. Tidak dalam posisi itu, tapi pertimbangannya apa. Enggak biasa dikomunikasikan, apa nih pertimbangannya," ucap TB Hasanuddin.

Dia menuturkan uji kelayakan dan kepatutan serta rapat pertimbangan tersebut tidak akan dibuka ke publik. Sebab, DPR khawatir data-data itu akan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Terlebih, pertanyaan yang diajukan DPR terkait strategi Budi Gunawan ketika menjadi Kepala BIN. Misalnya, titik berat intelijen terorisme yang akan dilakukannya.

"Begitu selesai fit and proper test, keluar, kita rapat ambil keputusan, kemudian press conference," TB Hasanuddin menutup.

 

Video Populer

Foto Populer