Sukses

Menko Puan Harap PON Bisa Pacu Semangat Atlet ke Olimpiade

Api PON dan Peparnas dinyalakan di Kecamatan Majakerta, Balongan, Indramayu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, mengambil dan melepas Api Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-15 di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin 5 September 2016.

"Kirab Api PON ini menempuh jarak 1005,6 km. Ini jarak tempuh paling panjang kirab Api PON sepanjang pelaksanaan PON," kata Puan.

Puan berharap Jawa Barat akan menjadi tuan rumah PON dan Peparnas yang baik dan menjadi contoh bagi daerah lain ke depan dalam menyelenggarakan kegiatan olahraga.

Dalam sambutannya tersebut, Puan juga mengingatkan para atlet tidak boleh hanya berpuas diri dengan menjadi juara nasional saja. Sebaliknya, harus mengangkat dan meningkatkan prestasi serta membanggakan nama bangsa Indonesia di ajang internasional dalam ajang olahraga internasional, seperti Asian Games dan Olimpiade.

"Harus menjadi pemacu bagi semua atlet kita. Kita perlu atlet berprestasi untuk bawa bangsa dan negara Indonesia di ajang internasional," tandas Puan.

Api PON dan Peparnas dinyalakan di Kecamatan Majakerta, Balongan, Indramayu. Tempat tersebut dipilih karena merupakan tempat ditemukannya nyala api pertama, yang kemudian menjadi sumber gas bumi. PON dan Peparnas tersebut akan diselenggarakan pada 17-29 September 2016.‎

Dalam kesempatan tersebut Puan didampingi oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Ketua Umum KONI Tono Suratman. Seusai diberikan oleh Puan Maharani, Api PON dan Peparnas akan dikirab ke 16 kota/kabupaten di Jawa Barat dan berakhir di Kota Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini