Sukses

VIDEO: Petugas Temukan Hewan Kurban Berpenyakit di Purbalingga

Petugas Dinas Peternakan Purbalingga menemukan kambing kurban menderita sakit kulit dan mata.

Liputan6.com, Purbalingga - Seminggu menjelang Idul Adha, tempat penjualan hewan kurban di Pangkalan Jati, Jakarta Timur, mulai ramai didatangi calon pembeli. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (3/9/2016), calon pembeli sengaja berburu hewan kurban lebih awal agar bisa memilih hewan kurban yang diinginkan.

Sebagian besar pembeli mencari sapi jenis Limousin dan sapi Madura karena dinilai dagingnya lebih banyak dibanding sapi jenis lain.

Sementara itu, di Boyolali, Jawa Tengah, agar sapi tampak bersih dan sehat para peternak membawa peliharaannya ke tempat cuci sapi sebelum dijual untuk hewan kurban.

Dengan membayar Rp 10 ribu, sapi yang tadinya kotor karena baru keluar dari kandang menjadi tampak segar, bersih, dan wangi.

Di pasar hewan Purbalingga, Jawa Tengah, petugas Dinas Peternakan melakukan razia hewan kurban.

Belasan kambing kurban ditemukan menderita sakit kulit dan mata. Hewan kurban yang sakit langsung diobati petugas dan diminta tidak dijual sebelum kembali sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.