Sukses

Implantasi Katup Jantung Tanpa Pembedahan

Untuk pertama kali, tim dokter Jerman dan Prancis berhasil mengimplantasi katup jantung buatan tanpa operasi. Pasien bisa cepat pulih.

Liputan6.com, Paris: Penderita kelainan jantung boleh merasa lega. Pasalnya, baru baru ini, untuk pertama kalinya tim dokter Jerman dan Prancis berhasil melakukan implantasi katup jantung buatan tanpa pembedahan. Metode terobosan ini dapat membantu ribuan pasien jantung yang berisiko tinggi menjalani operasi. Selain itu, pasien pun bisa kembali pulih dalam waktu singkat.

Tengok saja kisah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun. Agar bisa terus beraktivitas penderita kelainan jantung bawaan itu terpaksa menggunakan katup jantung buatan. Tetapi, sudah sebulan, katup jantungnya tak berfungsi lagi. Tentu saja, mau tak mau dadanya harus dibelah dengan pisau bedah. Sebab, umumnya penanaman katup buatan baru dapat dilakukan melalui pembedahan jantung. Padahal, pasien berusia muda itu sudah tiga kali menjalani operasi jantung.

Karena itu, tim dokter dari Jerman bekerjasam dengan dokter Rumah Sakit Anak Necker di Paris menerapkan teknik baru tersebut. Tujuannya, untuk menghindari penderitaan operasi pada pasien berusia muda tersebut. Untuk itu, tim dokter ahli bedah jantung anak-anak tersebut menggunakan penahan besi. Katup buatan tersebut dimasukkan ke dalam pembuluh darah dan diarahkan ke jantung dengan menggunakan kateter.

Prosedur tersebut dapat diselesaikan tanpa hambatan. Bahkan, ahli bedah jantung anak RS Necker Dr Philippe Bonhoeffer optimistis setelah mengalami masa pemulihan kurang dari sebulan, pasien tersebut sudah dapat kembali bersekolah.(TNA/Rya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini