Sukses


Ketua MPR: Budi Gunawan Sosok Tepat Pimpin BIN

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mengajukan nama Wakapolri Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Jenderal polisi bintang tiga itu disodorkan untuk menggantikan Letjen TNI Purn Sutiyoso.

Terkait pencalonan itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menilai, Budi Gunawan sosok tepat untuk memimpin BIN. Pengabdian Budi Gunawan di kepolisian juga dianggap modal besar memimpin lembaga intelijen negara tersebut.

"Budi Gunawan teruji, terlatih, dan saya ucapkan selamat. Wakapolri, sudah teruji dan berpengalaman," kata Zulkifli di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Muhammadiyah, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (2/9/2016).

Selain itu, Ketua Umum PAN itu menegaskan akan turut menyukseskan pencalonan Budi Gunawan di DPR. Dia  mengapresiasi pilihan Presiden Jokowi yang menunjuk pria yang akrab disapa BG itu.

"Kami akan sukseskan untuk menjadi kepala BIN. Akan kita sukseskan di DPR. Selamat untuk Pak BG," ucap Zulkifli.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mendatangi pimpinan DPR untuk mengantarkan surat dari presiden soal pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso. Ia menjelaskan, nama yang diusulkan adalah Budi Gunawan.

"Saya antarkan surat kepada pimpinan DPR yaitu usulan Presiden untuk pergantian Kepala BIN. Jadi Kepala BIN diusulkan nama baru, yaitu Pak Budi Gunawan," ujar Pratikno.