Sukses

Tak Lagi Jadi Kepala BIN, Ke Mana Sutiyoso Berlabuh?

Presiden akan mempertimbangkan jabatan baru Sutiyoso karena perjalanan baik saat menjadi prajurit TNI AD maupun politisi cukup panjang.

Liputan6.com, Jakarta Jabatan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) akan berakhir. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyerahkan surat calon Kepala BIN baru, yakni Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan.

Setelah melepas jabatan ini, belum diketahui apakah ada posisi yang pas untuk Sutiyoso. Mengingat posisinya sebagai pimpinan PKPI sudah diambil alih oleh AM Hendropriyono.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengatakan, posisi baru untuk Sutiyoso setelah tak lagi menjabat sebagai Kepala BIN memang melalui berbagai pertimbangan. Mengingat usianya juga sudah tidak muda lagi.

"Tentu semua juga dipertimbangkan, tapi juga menyangkut usia, kalau aktif secara langsung tentu melampaui," jelas JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Meski begitu, JK yakin Presiden akan mempertimbangkan jabatan baru untuk Sutiyoso. Mengingat perjalanan baik saat menjadi prajurit TNI AD maupun politisi cukup panjang.

"Tapi tentu presiden akan mempertimbangkan yang sesuai dengan beliau," pungkas JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.