Sukses

VIDEO: Pedagang Ini Dandani Hewan Kurban untuk Naikkan Harga Jual

Para pedagang antre untuk mendapatkan jasa Suhardi, penyedia jasa merapihkan kambing-kambing dagangan.

Liputan6.com, Sumenep - Menjelang perayaan Idul Adha 1437 Hijriyah, permintaan hewan kurban jenis sapi terus meningkat. Para pedagang di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menambah jumlah ternak sapi dengan mendatangkan dari Pulau Sapudi. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (2/9/2016), puluhan ekor sapi diturunkan di sekitar Pelabuhan Dungkek. Sapi-sapi itu terpaksa diceburkan ke air karena kapal pengangkut tidak dapat merapat ke dermaga pelabuhan.  

Sapi-sapi ini sengaja didatangkan dari Pulau Sapudi di wilayah Kabupaten Sumenep, seiring tingginya permintaan hewan kurban yang bersamaan dengan datangnya hari pasaran atau hari yang menjadi jadwal rutin perdagangan hewan ternak sapi dan kambing di pasar hewan setempat.

Menjelang hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah, para pedagang menambah pengiriman sapi dari Pulau Sapudi yang dikenal memiliki kualitas daging cukup baik.

Tak hanya tinggi dan bobot hewan ternak kambing yang menjadi andalan para pedagang saat menjual kambing di pasar. Penampilan ternak pun juga menjadi perhatian para pedagang yang diharapkan mampu mendongkrak harga jual.

Di hari pasaran, para pedagang antre untuk mendapatkan jasa Suhardi, penyedia jasa merapikan kambing-kambing dagangan. Tak hanya merapikan tanduk, terkadang ia juga menerima permintaan membersihkan kuku. 

Untuk perawatan tanduk, cukup merogoh kocek Rp 15 ribu. Namun jika ditambah dengan perawatan kuku dan rambut, ongkosnya Rp 50 ribu per ekor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.