Sukses

PKS Harap Budi Gunawan Sampaikan Info Akurat Jika Jadi Kepala BIN

BIN di bawah kepemimpinan Budi Gunawan diharapkan bisa lebih profesional dan akurat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mendatangi pimpinan DPR untuk mengantarkan surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso, kepada Komjen Pol Budi Gunawan (BG).

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR, Jazuli Juwaini berharap, di bawah kepemimpinan Budi Gunawan nanti, BIN bisa lebih profesional dan akurat dalam menyampaikan info kepada Presiden dan DPR sebagai mitra kerja.

"Ke depan BIN lebih profesional, lebih akurat infonya, lebih tajam penelitiannya dan lebih objektif sikapnya agar tidak kecolongan oleh pihak-pihak yang ingin merongrong negara dengan berbagai bentuknya," kata Jazuli saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Anggota Komisi I DPR ini menyampaikan, sebagai partai yang berada di luar pemerintahan Presiden Jokowi, pihaknya akan ikut mengawasi kinerja BIN ke depan. Namun, lanjut dia, PKS selalu menghormati setiap putusan Presiden Jokowi untuk memilih siapa yang akan jadi pembantunya.

"PKS menghormati, kami hanya akan mengawasi kerja-kerja kabinet dan lembaga-lembaga termasuk BIN dan melakukan kontrol secara objektif dan konstruktif untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara," ujar dia.

Jazuli mengatakan, anggota Komisi I Fraksi PKS akan mengikuti mekanisme fit and proper test secara proporsional terhadap Budi Gunawan yang saat ini masih menjabat Wakapolri.

"Maka Fraksi PKS akan mengikuti tahapan-tahapan berikutnya secara konsekuen karena hak prerogatif Presiden, maka ada alasan tak ada alasan itu sepenuhnya hak Presiden mengganti Kepala BIN," tandas Jazuli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944
    Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944

    Sutiyoso

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Kepala BIN

  • PKS