Sukses

DPR Bahas Pergantian Kepala BIN di Rapat Paripurna 6 September

Komisi I masih menunggu perintah dari pimpinan untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan kepada Komjen Budi Gunawan jadi Kepala BIN.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menyatakan masih menunggu perintah dari pimpinan untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan kepada Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala BIN. Ia menjelaskan surat penunjukan Budi Gunawan dari Presiden Jokowi harus terlebih dahulu dibacakan dalam rapat paripurna.

"Kami menunggu surat itu dibacakan di paripurna, lalu bamus, bamus amanatkan kami untuk fit and proper test. Lalu Komisi I rapat internal susun jadwal kapan fit and proper test," ujar Kharis di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Paripurna baru dilakukan pada Selasa 6 September 2016 dan rapat badan musyawarah baru dilaksanakan esok harinya.

"Lalu kami rapat internal bahas kapan fit and proper test," jelas Kharis.

Pagi tadi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mendatangi pimpinan DPR untuk mengantarkan surat dari Presiden Jokowi soal pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso. Ia menjelaskan, nama yang diusulkan oleh presiden adalah Budi Gunawan.

"Saya antarkan surat kepada pimpinan DPR, yaitu usulan Presiden untuk pergantian Kepala BIN. Jadi Kepala BIN diusulkan nama baru, yaitu Pak Budi Gunawan," ungkap Pratikno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944
    Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944

    Sutiyoso

  • Kepala BIN

  • BIN