Sukses

Jokowi Usulkan Budi Gunawan Jadi Kepala BIN ke DPR

Mensesneg Pratikno mendatangi pimpinan DPR untuk mengantarkan surat dari Presiden Joko Widodo soal pergantian Sutiyoso.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mendatangi pimpinan DPR untuk mengantarkan surat dari Presiden Joko Widodo soal pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso. Ia menjelaskan, nama yang diusulkan oleh presiden adalah Budi Gunawan.

"Saya antarkan surat kepada pimpinan DPR yaitu usulan presiden untuk pergantian Kepala BIN. Jadi Kepala BIN diusulkan nama baru yaitu Pak Budi Gunawan," ungkap Pratikno usai pertemuan tertutup dengan Pimpinan DPR di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Ia mengatakan proses selanjutnya diserahkan kepada DPR, sebab perlu pertimbangan DPR. Pratikno pun menjelaskan alasan digantinya Sutiyoso.

"Ini regenerasi biasa aja. Argumentasinya regenerasi aja. Kan memang enggak ada periodesasi tegas tentang Kepala BIN ini, enggak ada pertimbangan tertentu," jelas Pratikno.

Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Ketua DPR Ade Komarudin dengan didampingi oleh Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan. Sebelumnya mereka mengadakan pertemuan kurang dari satu jam di ruang pimpinan DPR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

  • Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944
    Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944

    Sutiyoso

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Kepala BIN

Video Terkini