Sukses

Ahli Baca Wajah: Pengacara Jessica Terlihat Cemas

Mendengar itu, pengacara Jessica Wongso, Otto Hasibuan, langsung memotong pembicaraan Ronny.

Liputan6.com, Jakarta Profesor Doktor Ronny Nitibaskara, yang hadir sebagai ahli kriminologi di persidangan ke-17 Jessica Kumala Wongso, mengungkapkan beberapa kali melihat kecemasan di raut wajah Penasehat Hukum Jessica, Otto Hasibuan.

Hal tersebut dibeberkan Ronny yang juga ahli membaca wajah atau fisiognomi saat Otto memintanya mencontohkan ciri-ciri orang cemas.

"Saya bisa tunjukan mohon maaf, di tv selama ini itu Bapak (Otto) luar biasa. Tapi beberapa kali Bapak terlihat cemas waktu berdebat dengan ahli yang lain. Itu bisa saya buktikan," kata Ronny di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2016).

Mendengar hal itu, Otto langsung memotong pembicaraan Ronny dan meminta contoh orang cemas secara umum. Ronny pun memberi contoh seorang pengacara mengekspresikan kecemasannya, kala berhadapan dengan ahli-ahli dari pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Tanda-tandanya gerakan gelisah, terlihat dari wajahnya. Umpamakan saja di sidang pengadilan, seorang pengacara raut wajahnya, 'oh jangan-jangan dia tahu banyak. Jangan-jangan benar yang dia bilang'," jelas Ronny.

Otto pun kembali meminta Ronny memaparkan ciri-ciri orang cemas secara umum tanpa mengaitkan profesi, pekerjaan, atau kehidupannya.

"Tanda-tandanya dia gemetar, mukanya ketakutan, sedih, bibirnya bergerak, bibir tertutup," ucap Ronny.
 
Sebelumnya Kriminolog Ronny Natabaskara mengatakan, menemukan ciri-ciri psikopat pada terdakwa pembunuh Mirna Salihin, Jessica Wongso. 

"Di awal BAP yang pertama, saya menuliskan saya menduga ada unsur-unsur psikopat dalam diri Jessica, tapi ini perlu diteliti kembali," ujar Ronny.

"Ciri-cirinya (psikopat) ada 22, saya temukan dia cuma empat (ciri)," imbuh dia. Meski begitu, Ronny menyimpulkan Jessica memiliki tipe kejiwaan gabungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini