Sukses

Hal Baru di Istana Merdeka, Veranda Talk untuk Tamu Negara

Liputan6.com, Jakarta - Para tamu negara akan disuguhkan hal baru di Istana Kepresidenan. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengajak tamu negara berbincang dalam konsep Veranda Talk atau perbincangan di beranda.

Kepala Sekretaris Presiden, Darmansjah Djumala, mengatakan Veranda Talk ditujukan untuk tamu negara yang akan berbincang lebih dalam bersama presiden. Pembicaraan 4 mata itu dilakukan di beranda Istana Merdeka, tempat Presiden menjamu para tamu.

"Veranda Talk maknanya adalah itu pembicaraan intimate, intimate conversation antara presiden dengan beberapa tamu negara yang dianggap dekat dan dianggap penting di dalam substansi maupun dalam hubungan," kata Djumala di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Kebutuhan ruangan untuk berbicara lebih dalam ini ditangkap oleh Sekretariat Presiden. Format khusus akan didesain sehingga saat Presiden membutuhkan waktu khusus untuk berbicara lebih intim, tempatnya di Veranda Talk.

"Ini format pertemuan, yang disebut Veranda Talk, pembicaraan di beranda. Ini akan kita jadikan sebagai model jika presiden ingin mengadakan pembicaraan yang intimate conversation, artinya bicara dari hati ke hati, substansinya sangat penting bagi presiden, plus karena hubungan yang dekat," jelas dia.

Sebelum resmi bernama Veranda Talk, Presiden sudah mengajak beberapa tamu negara berbincang di beranda Istana Merdeka. Pembicaraan bisa lebih lama dibanding pembicaraan formal yang melibatkan rombongan tamu negara lainnya.

"Veranda talk ini ke depan akan kita angkat sebagai satu format standar bagi presiden dalam rangka membicarakan hal-hal strategis, penting dan punya hubungan dekat. Jadi Veranda talk adalah format pertemuan yang di-introduce oleh beliau dalam rangka menemui tamu negara yang dianggap seperti itu tadi," tutur dia.

Djumala menyebut, konsep ini baru pertama kali diterapkan di lingkungan Istana Kepresidenan. Konsep ini mirip Summer Garden di White House Amerika Serikat.

"Baru di zaman Pak Jokowi, seperti kalau di Amerika kan ada Summer Garden itu yah," pungkas Djumala.

Veranda Talk ini sudah dilakukan Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kehormatan Ratu Belanda, Maxima, di Istana Merdeka pada Kamis 1 September. Ratu Maxima datang dalam kapasitasnya sebagai utusan khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pengembangan inklusi keuangan.

Tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.20 WIB, Ratu Maxima disambut Presiden Jokowi bersama dengan Ibu Negara Iriana. Usai mengisi buku tamu kenegaraan, Presiden berbincang dengan Ratu Belanda di teras belakang Istana Merdeka atau kini dikenal dengan sebutan Veranda Talk.

Artikel Selanjutnya
Ketika Cita Rasa Indonesia Menggoyang Lidah Warga Korut
Artikel Selanjutnya
Jokowi Berencana Kunjungi Singapura 6-7 September