Sukses

Kapolri: Tak Ada Nama Polisi Disebut Terima Uang Freddy Budiman

Freddy Budiman menyebut sejumlah nama aparat, tapi tidak menyebut para aparat itu menerima sejumlah uang.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memastikan tak ada nama polisi yang disebut menerima sejumlah uang dari mendiang Freddy Budiman. Sebagaimana yang tertuang dalam testimoni Freddy yang disampaikan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar Azis.

Tito menegaskan, temuan ini didapat setelah memeriksa dan menyaksikan langsung video pesan terakhir Freddy Budiman yang diperolehnya dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly.

"Karena yang saya lihat tidak ada nama-nama polisi yang disebutkan tekait aliran dana. Tolong ini ditekankan, dalam kaitan aliran dana tidak ada," kata Tito di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Tito memang mengakui bahwa dalam video itu Freddy menyebut sejumlah nama aparat yang mengetahui kegiatannya. Hanya saja, Freddy tidak menyebut para aparat itu menerima sejumlah uang.

Untuk itu, Tito pun menyerahkan sepenuhnya kepada tim gabungan pencari fakta (TGPF) Polri guna dilakukan investigasi. Terutama terkait nama-nama aparat yang disebutkan Freddy Budiman dalam video tersebut.

"Tapi tidak bisa saya sebutkan nama-nama itu, supaya tim independen ini mereka bisa melakukan tim investigasi. Biarkan tim investigasi jni mengambil langkah yang lebih cepat," ucap mantan Kapolda Metro Jaya itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini