Sukses

JK Kesal Singapura-Malaysia Protes Asap Kebakaran Hutan

Asap yang sampai ke Malaysia dan Singapura disebabkan oleh angin yang sedang berhembus ke arah utara.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Sumatera mulai meluas. Asap yang ditimbulkan sudah masuk hingga ke Singapura dan Malaysia. Mereka pun protes dengan kondisi ini.

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK cukup kesal dengan protes yang disampaikan Singapura dan Malaysia. Indonesia yang menjadi korban utama yang dirugikan malah tidak mengeluh dan terus berupaya memadamkan kebakaran.

"Ya kalau mereka mengeluh, kita jauh lebih mengeluh lagi karena korban primer (utama)-nya Indonesia. Kita kan tidak bisa atur angin," ujar JK di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Asap yang sampai ke Malaysia dan Singapura disebabkan oleh angin yang sedang berembus ke arah utara. Berbeda bila arah angin ke barat atau selatan, kedua negara itu pasti tidak akan terdampak.JK justru mengajak semua pihak, termasuk Singapura dan Malaysia untuk bersama-sama menyelesaikan masalah ini. Bukan malah saling menyalahkan atau mengeluh tanpa ada tindakan yang diperbuat.

"Artinya, seperti yang saya selalu katakan, ya mari sama-sama selesaikan bersama-sama. Karena kalau cuaca baik kan masing-masing juga menikmati udara bagus. Kalau udara jelek, ya masing-masing juga kena. Jadi sama-sama," pungkas JK.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.