Sukses

Selamat Ulang Tahun, Polwan

Polisi wanita (Polwan) berulang tahun yang ke-68. Selamat!

Liputan6.com, Jakarta Hari ini (1/09) bertepatan dengan hari kelahiran polisi wanita di Indonesia yang ke-68. Demi menyambut hari jadi, beberapa jajaran polwan di berbagai daerah melakukan hal-hal unik seperti membagikan cokelat dan bunga kepada masyarakat sekitar, mengajak warga mencintai mereka. 

Kehadiran polisi wanita di Indonesia memiliki ceritanya tersendiri, berbeda dengan polisi biasa, polisi wanita lahir dua tahun setelah kepolisian dibentuk. Polwan dibentuk pada 1 September 1948 di Bukittinggi, Sumatera Barat atas usul dari organisasi wanita di sana. Namun, bukan berarti ide ini hanya muncul di tanah Minang. Sebelumnya, pemerintahan yang saat itu sedang berada di Yogyakarta telah mengintruksikan pendidikan polisi bagi wanita untuk dilakukan, namun karena situasi memanas akibat agresi militer Belanda, niat tersebut terabaikan. Selengkapnya dalam infografis di bawah ini mengenai sejarah lahirnya polisi wanita di Indonesia: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini