Sukses

VIDEO: Cegah Banjir, 4 Eskavator Keruk Kali Krukut

Pengerukan dan pendalaman kali segera dilakukan agar Kali Krukut maksimal menampung volume air.

Liputan6.com, Tangerang - Sebanyak 4 ekskavator dikerahkan untuk mengeruk kali Krukut di kawasan Kemang Selatan, Jakarta Selatan. Ekskavator baru bisa digunakan setelah diangkut oleh alat berat lainnya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (31/8/2016), para pekerja dari Dinas Tata Air Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berjibaku mengoperasikan crane untuk mengangkut 4 ekskavator ke dalam Kali Krukut. Setelah berhasil dipindahkan, pengerukan dan pendalaman kali segera dilakukan agar Kali Krukut maksimal menampung volume air.

Selain mengeruk kali, dinding dengan bronjongan dibuat sebagai pengganti dinding yang jebol akibat diterjang banjir. Banjir di Jalan Kemang Raya dan Taman Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu lalu terjadi akibat jebolnya tanggul Kali Krukut.  

Sementara, saluran air waduk Rawa Babon yang sebelumnya disumbat, hari ini sudah dibuka sehingga air dari waduk bisa mengalir ke sungai. Banjir yang sempat merendam permukiman warga kelurahan Kelapa Dua Wetan RT 001, RW 08, Kecamatan Ciracas Jakarta Timur, sudah surut.

Meski demikian, warga tetap was-was banjir kembali muncul, apalagi lokasi ini sebelumnya bukan kawasan langganan banjir.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku, banjir dikarenakan banyaknya saluran air yang tersumbat hingga pintu air yang lupa dibuka.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.