Sukses

Cegah Virus Zika, Menkes Siapkan Tim di Bandara dan Pelabuhan

Bila warga diketahui positif demam, petugas akan mengambil darah untuk diteliti di laboratorium.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Zika kembali merebak dan ditemukan di Singapura. Indonesia sebagai negara tetangga sudah menyiapkan langkah antisipasi.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim di pintu masuk peredaran turis, seperti di bandara dan pelabuhan. Tim akan mendeteksi orang-orang yang demam saat tiba di Indonesia.

"Kita sudah membuat pintu di bandara, di tempat-tempat pintu masuk, jika ada yang demam, kita sudah meminta kantor kesehatan pelabuhan (KKP) itu untuk meminta screening," kata Nila di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 30 Agustus 2016.

Bila warga diketahui positif demam, petugas akan mengambil darah untuk diteliti di laboratorium. Warga juga akan mendapat kartu kewaspadaan (alert card).

"Kalau nanti hasilnya positif kita bisa memantau orangnya," imbuh dia.

Petugas akan mengimbau warga melalui pengeras suara agar melaporkan diri bila tengah demam. Sehingga bisa langsung ditangani petugas.

"Di bandara, tentu mereka harus bekerja, mengarahkan yang demam itu agar melapor. Kita kan punya petugas kesehatan bandara. Semua bandara tentu ada KKP, saya lupa berapa tapi pasti ada," pungkas Nila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini